Vol. 2 (2022): Layanan BK Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Perwujudan Profil Pelajar Pancasila

Published: 2022-12-29

Articles

  • Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok

    Elisabeth Ayu Febrianti, Sri Panca Setyawati, Atrup
    1-6
    DOI: https://doi.org/10.29407/mzbdbv18
  • Peluang Pengembangan dan Pemanfaatan Media Wayang dalam Bimbingan Dan Konseling

    Sri Panca Setyawati
    7-20
    DOI: https://doi.org/10.29407/3szcre57
  • Permainan KENTANG KARI (Kejujuran dan Tantangan Efikasi Diri) sebagai Media BK untuk Meningkatkan Self-efficacy Siswa SMA

    Anis Lailatul Fitriyah, Vivi Ratnawati
    21-28
    DOI: https://doi.org/10.29407/h6kg0078
  • Pemanfaatan Media BK Kartu Truth Or Dare sebagai Sarana Meningkatkan Sopan Santun Peserta Didik

    Dimas Adi Nugroho, Risaniatin Ningsih, Setya Adi Sancaya
    29-34
    DOI: https://doi.org/10.29407/4a6zhk54
  • Bimbingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penggunaan Teknik Diskusi Kelompok

    AR. Ajeng Izzah Parera, Risaniatin Ningsih, Setya Adi Sancaya
    35-39
    DOI: https://doi.org/10.29407/jbdksq13
  • Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Guru BK sebagai Polisi Sekolah Terhadap Motivasi Peserta Didik dalam Mendapatkan Layanan Bimbingan dan Konseling

    Nur Kholifah, Guruh Sukma Hanggara
    40-44
    DOI: https://doi.org/10.29407/hjww5d19
  • Kearifan Lokal Larung Sembonyo untuk Meningkatkan Karakter Siswa Agar Lebih Memotivasi dalam Belajar

    Mochamad Irfan, Nora Yuniar Setyaputri
    45-48
    DOI: https://doi.org/10.29407/mayzat60
  • Kearifan Lokal Game Dakon sebuah Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

    Alhamro' Andalusia, Risaniatin Ningsih, Nora Yuniar Setyaputri
    49-54
    DOI: https://doi.org/10.29407/hdf4hh94
  • Permainan Tradisional Dam-Daman sebagai Media untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP

    Icha Anindya Vania Salsabila, Risaniatin Ningsih
    55-61
    DOI: https://doi.org/10.29407/r322cy88
  • Kegiatan Ekstrakulikuler Karawitan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Budaya

    Irma Aulia, Galang Surya Gumilang, Atrup
    62-66
    DOI: https://doi.org/10.29407/eavzg722
  • Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Petungroto Kabupaten Kediri

    Silvia Auliya, Dwi Muhamad Nurfianto, Novi Nintya Santi, Endah Suprapti
    67-79
    DOI: https://doi.org/10.29407/vvxc2w90
  • Permainan Moli Quiz sebagai Sarana Melatih Keterbukaan Diri Siswa SMP

    Pewe Pike Mapala, Sri Panca Setyawati
    80-90
    DOI: https://doi.org/10.29407/tx48v910
  • Pandangan Guru dan Peserta Didik pada IKM dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

    Atrup, Mintorowulan, Yulistiya Nur Hidayah, Putri Widya Ayu Septi Wulandari
    91-98
    DOI: https://doi.org/10.29407/tr6x3x20
  • Hubungan antara Kematangan Karir dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Study lanjut di SMAN 1 Panggul

    Yuyun Aprilia, Guruh Sukma Hanggara
    99-106
    DOI: https://doi.org/10.29407/s5bye077
  • Lakon Panji; Stroytelling Berbasis Cerita Rakyat untuk Mendukung Terbentuknya Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik

    Yuanita Dwi Krisphianti
    107-115
    DOI: https://doi.org/10.29407/0vbydy22
  • Pelaksanaan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Kejuruan

    Widya Ayu Safitri, Galang Surya Gumilang, Atrup
    116-121
    DOI: https://doi.org/10.29407/2h0ddb06
  • Meningkatkan Percaya Diri (Self Confidence) Menggunakan Sosiodrama

    Suci Arianti, Galang Surya Gumilang, Guruh Sukma Hanggara
    122-131
    DOI: https://doi.org/10.29407/sfh80k28
  • Ekspetasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

    Mahara Pinte Nate, Ihza Chaidarotul Fahira, Yuana Kristiyorini, Nur Hidayah, Fitri Wahyuni
    132-143
    DOI: https://doi.org/10.29407/7q3rxc67
  • Pentingnya Perhatian Orang Tua Bagi Kedisiplinan Belajar Siswa SMK PGRI 3 Kediri

    Rafif Adilvi, Setya Adi Sancaya, Khususiyah
    144-155
    DOI: https://doi.org/10.29407/54p48k62
  • Media Biblioedukasi Berbasis Cerita Rakyat Kisah Pulau Kemaro untuk Penguatan Karakter Positif Siswa

    Tias Tara Dwiva, Nora Yuniar Setyaputri, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
    156-164
    DOI: https://doi.org/10.29407/qrrm6s22
  • Profil Motivasi Belajar di SMP Mardi Utomo Grogol Kediri

    Deva Aprillia Hamidah, Galang Surya Gumilang
    165-178
    DOI: https://doi.org/10.29407/be555g08
  • PENTINGNYA MENERAPKAN 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI ERA SCIETY 5.0

    Widhiani Setyo Untari, Sri Panca Setyawati, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
    179-186
    DOI: https://doi.org/10.29407/rfn56h57
  • BOARD GAMES PANJI (PAPAN SEKARTAJI): MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI

    Fitria Ayu Nur Azizah, Sri Panca Setyawati, Restu Dwi Ariyanto
    187-197
    DOI: https://doi.org/10.29407/jwajnv79
  • Penerapan Video Edukasi Untuk Mengatasi Learning Loss Dan Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pasca Pandemi Covid – 19 Di Lingkup UN PGRI Kediri

    Yeny Lailatul Fitria, Guruh Sukma Hanggara
    198-206
    DOI: https://doi.org/10.29407/c55qve04
  • Artikel Pembelajaran Anak Terkait Pendidikan Pancasila

    Kharisma silvianingrum, Angga ashari wardanu, Gayatri dwi astuti, Anis Latifah widiastuti, Angellina widya kinarosih
    207-211
    DOI: https://doi.org/10.29407/s09q5j63
  • Eksplorasi Problem-problem Kultural dalam Praktik Layanan Konseling dan Strategi Praktis untuk Meminimalisasinya

    Nora Yuniar Setyaputri, Dini Rakhmawati, Mulawarman
    212-219
    DOI: https://doi.org/10.29407/3tw2a361
  • Pengembangan E-Play Therapy Berbasis Media Kearifan Lokal Board Game Sekartaji Untuk Meningkatkan Rasa Cinta Budaya Pada Remaja

    Diva Candra Kirana, Setya Adi Sancaya, Restu Dwi Ariyanto
    220-227
    DOI: https://doi.org/10.29407/smgysc52
  • Problematika Pendidikan Indonesia dan Kaitannya Dengan Tanggung Jawab Dan Kompetensi BK Sebagai Suatu Profesi

    Aisyiah Aiwani, Ah. Fahri Munir, Nur Hidayah, Fitri Wahyuni
    228-237
    DOI: https://doi.org/10.29407/nmtawf19
  • Menanamkan Karakter Sopan Santun Dengan Nilai Kearifan Lokal Nusantara

    Dhea Latifatul Prastica, Yuanita Dwi Krisphianti
    238-242
    DOI: https://doi.org/10.29407/t9k7rw21
  • Pemanfaatan Media Bimbingan Dan Konseling Sebagai Alternatif Solusi Membantu Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa

    Linda Novi Rahayu, Sri Panca Setyawati, Setya Adi Sancaya
    243-248
    DOI: https://doi.org/10.29407/qvpyn173
  • Student Well-being pada Remaja Mataraman dalam Kajian Multibudaya

    Juwita Finayanti, Noviyanti Kartika Dewi, Tyas Martika Anggriana
    249-254
    DOI: https://doi.org/10.29407/s3d4bm05
  • Pemanfaatan Media Berbasis Board Game

    Fitriani Qurrotul Uyun, Sri Panca Setyawati, Setya Adi Sancaya
    255-258
    DOI: https://doi.org/10.29407/ha8nmt96
  • Aplikasi Getol (Gerakan Toleransi) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Pada Siswa

    Adi Bagus Prastiyo, Risaniatin Ningsih, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
    259-262
    DOI: https://doi.org/10.29407/53gnrc46
  • Identifikasi Disleksia Di SDN Babadan 2 Ngawi

    Rodlotul Laila Makhsun, Galang Surya Gumilang
    263-271
    DOI: https://doi.org/10.29407/sgqj7330
  • Penanaman Etika Sopan Santun Menggunakan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa

    Vidya Sari Aszahra, Yuanita Dwi Krisphiati, Atrup
    272-277
    DOI: https://doi.org/10.29407/60575m88
  • Media Permainan Uno Stacko Sebagai Sarana Melatih Kepercayaan Diri Siswa

    Purna Sansastra, Vivi Ratnawati, Khususiyah
    278-285
    DOI: https://doi.org/10.29407/wrsw4w60
  • Konseling Kelompok Teknik Self Management: Solusi Bagi Siswa SMK Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Higgs Domino

    Salis Rahmat Hidayat, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini, Atrup
    286-292
    DOI: https://doi.org/10.29407/ve9pr737
  • Pentingnya Self Acceptance Dengan Sikap Percaya Diri Siswa Di MAN 1 Kota Kediri Dimasa Pandemi Covid 19

    Reta Verira Darmaningtyas, Sri Panca Setyawati, Vivi Ratnawati
    293-302
    DOI: https://doi.org/10.29407/bkcsrq61
  • Perancangan Instrumen Bakat Dan Minat Untuk Siswa Di Jenjang Sekolah Menengah Atas

    Ayu Nurhikmah, Erlin Fitria, Samyudi
    303-316
    DOI: https://doi.org/10.29407/tdcwjk70
  • Pemanfaatan Video Conten Creator Untuk Meningkatkan Karakter Siswa SMA

    Olivvia Antoni
    317-325
    DOI: https://doi.org/10.29407/a2ervx34
  • Peran Konselor Dalam Konseling Multibudaya Untuk Mewujudkan Kesadaran Multikural

    Durrotul Nabila, Risaniatin Ningsih
    326-330
    DOI: https://doi.org/10.29407/a6xmg332
  • Konseling KIPAS untuk Murid Korban Kekerasan Guru

    Masbahur Roziqi, Binti Uswatun Hasanah, Binti Uswatun Hasanah, Mutiarani Rizki D.E.K, Nur Hidayah, Fitri Wahyuni
    331-344
    DOI: https://doi.org/10.29407/5grn8846
  • Dampak Kecanduan Game Online Bagi Siswa

    Zahra Zhafira, Guruh Sukma Hanggara
    345-359
    DOI: https://doi.org/10.29407/xjntnz96
  • Urgensi Penerimaan Orangtua dalam Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus

    Wardhani K usuma Mumpuni, Setya Adi Sancaya, Risaniatin Ningsih
    360-366
    DOI: https://doi.org/10.29407/zg08ea42
  • Budaya Oversharing : Menanggulangi Dengan Layanan Konseling Individu Menggunakan Teknik Behavioral Contract

    Ilham Bachtiar Sebastian, Atrup, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
    367-373
    DOI: https://doi.org/10.29407/q3xcry29
  • Peran BK Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Agar Memiliki Jiwa Pancasila

    Galih Agung, Derana Arisda , Andrian Aji, Rosallinda Sefhia
    374-379
    DOI: https://doi.org/10.29407/xz7kg522
  • Pengenalan Profesi Era Digital (Media Augmented Reality dan Strategi Layanan Berdiferensiasi)

    Bambang Setyawan
    380-388
    DOI: https://doi.org/10.29407/8a6xhp05
  • Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Self-Confiedence dan Interaksi Sosial Siswa

    Anisa Putri Nastiti, Guruh Sukma Hanggra
    389-399
    DOI: https://doi.org/10.29407/p4sw1g29
  • Peran Guru Bk Dalam Mengimplementasikan Disiplin Positif

    Bambang Setyawan
    400-404
    DOI: https://doi.org/10.29407/yswy4b40
  • Analisis Kemampuan Manajemen Waktu Santri Pondok Pesantren Al-Ishlah dalam Waktu Belajar menghafal Kitab Fathul Qorib

    Dini Farihah, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
    405-411
    DOI: https://doi.org/10.29407/tazwtj94
  • Praktik Pengembangan Media Bimbingan Konseling Berbasis Nusantara Pada Guru BK SMP Negeri Se-Kota Tarakan

    Nisa Ariantini, Suriata
    412-415
    DOI: https://doi.org/10.29407/xgz2x393
  • Media Creative Ladder Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Creative Ladder Media for Developing Student’s Creativity

    Siti Aminah, Sri Panca Setyawati, Ikke Dhian Puspitarini
    416-421
    DOI: https://doi.org/10.29407/82pyz834
  • Implementasi Asas Tut Wuri Handayani Pada Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Dalam Demensi Kemandirian

    Setya Adi Sancaya
    422-426
    DOI: https://doi.org/10.29407/zk6t1w45
  • Urgensi Keterampilan Komunikasi Pada Siswa Introvert

    Eva Novita, Guruh Sukma Hanggara
    427-433
    DOI: https://doi.org/10.29407/f9yrmh55
  • Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving (Solusi yang Ditawarkan untuk Meningkatkan Pemahaman Manajemen Waktu pada Siswa)

    Adistiya Rahma, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini, Yuanita Dwi Krisphianti
    434-440
    DOI: https://doi.org/10.29407/kc66wb22
  • Penerapan Teknik Sosiodrama Ande-Ande Lumut Dalam Assertive Training Untuk Meningkatkan Sikap Asertif

    Peni Catur Evi Wulandari, Nur Hidayah, Fitri Wahyuni
    441-451
    DOI: https://doi.org/10.29407/w3mmrf68
  • Budaya Sopan Santun sebagai Dasar Memulai Interaksi Sosial yang Baik di Sekolah

    Danastya Nurdwi Sukmadeva, Nora Yuniar Setyaputri, Yuanita Dwi Krisphianti
    452-456
    DOI: https://doi.org/10.29407/7dkz0469
  • Pendidikan Karakter Siswa Melalui Tokoh Pandawa Lima Sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    Aulia Karuniawati, Sri Panca Setyawati, Atrup
    457-463
    DOI: https://doi.org/10.29407/868bvh22
  • Konseling Person Centered Dengan Nilai Budaya Minang dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa

    Thadeus Ega Fausta, Caecilia Binanda Rucitra Herestusiwi, M Ramli, Fitri Wahyuni
    464-473
    DOI: https://doi.org/10.29407/51p14m13
  • Komik Strip Berbasis Kearifan Lokal Solusi Inovasi Media BK Perwujudan Profil Pelajar Pancasila

    Nurul Asyiqin, Vivi Ratnawati, Risaniatin Ningsih
    474-482
    DOI: https://doi.org/10.29407/x7q0b623
  • Media Ular Tangga Sebuah Inovasi Media BK Dalam Menentukan Karier Siswa SMK

    Renny Eka Dhamayanti, Vivi Ratnawati, Risaniatin Ningsih
    483-489
    DOI: https://doi.org/10.29407/db175843
  • Permainan Congklak Sebagai Sarana Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Perencanaan Karir Peserta Didik

    Meita Puspita Marta, Vivi Ratnawati, Yuanita Dwi Krisphianti
    490-496
    DOI: https://doi.org/10.29407/vt1c5m78
  • Kecemburuan Sosial Sebagai Stressor Mahasiswa Dalam Menjalin Hubungan Pertemanan

    Zein Kholishotul Maghfiroh, Vivi Ratnawati
    497-501
    DOI: https://doi.org/10.29407/fpjswg89
  • Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving

    Ulfatur Rusda Elsabrina, Guruh Sukma Hanggara, Setya Adi Sancaya
    502-514
    DOI: https://doi.org/10.29407/js0c5d09