Pengembangan Modul Belajar IPA Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas V SDN Mojoroto 4 Kota Kediri

Authors

  • Aneke Ayu Puji Kristanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Pardi SDN 4 Mojoroto Kota Kediri

Keywords:

Modul Belajar, IPA, Siklus Air

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada SDN Mojoroto 4 Kediri. Diketahui bahwa siswa kelas V kurang bisa menjelaskan tahapan dalam siklus air secara urut. Hal ini terjadi dikarenakan referensi buku yang digunakan mencantumkan sedikit materi, ruang kelas sering ditinggal dengan keadaan ruang kelas kosong, tanpa guru. Tujuan penelitian pengembangan ini: (1) mendeskripsikan kevalidan modul IPA terkait siklus air (2) mendeskripsikan kepraktisan modul IPA terkait siklus air (3) mendeskripsikan keefektifan modul belajar IPA tentang siklus air. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Pada model pengembangan ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Modul belajar IPA ini sudah melakukan validasi ahli media materi, dan hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Persentase yang didapat pada ahli materi dan media 82% dan 84%. Hasil uji keefektifan mean diperoleh sebesar 87,72 dengan kesimpulan bahwa modul dapat digunakan tanpa adanya perbaikan

References

Ardani, N.K, Dantes, I.N & Marhaeni, A.A.I.N. 2020. Pengembangan Instrumen Literasi Humanistik dan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Kompetensi dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada Peristiwa di Bumi dan kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Febyanti, I., Dyah A.P.W. 2020. Pengembangan Media Puzzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal inovasi penelitian. Vol.1 No.6

Destriantini, N.W, Dantes, N & Gunamantha. 2021. Pengembangan Instrumen Keterampilan Proses Sains Tema Lingkungan Sahabat Kita KD Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada peristiwa di Bumi serta Keberlangsungan Makhluk Hidup dan Locus Of Control Siswa Kelas V sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Denpasar Bali. Vol.5 No.1

Nigtyas, T.W., Setyosari, P & Praherdiono, H. 2019. Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Universitas Negerti Malang. Vol.02 No.02

Putri, A.I.V, Kuswandi, D &susilaningsih. 2020. Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air Untuk Memfasilitasi Siswa sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang. Vol.3, No.4

Putri, N.K.R.C, dkk. 2021. E-modul Interaktif pada muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Somayana,W. 2020. Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA Materi Daur Air Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia

Sukmawati, D., dkk. 2021. Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Universitas Pendidikan Indonesia

Syahputra, A., Arifitama, B. 2018. Pengembangan Alat Peraga Edukasi Proses Siklus Air (Hidrologi) Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Universitas AMIKOM Yogyakarta 10 februari 2018.

Wahyuningtiyas, R.T. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran CAI Berbasis Adobe Flash pada Materi Siklus Air Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya. Vol 09, No.06

Widodo, T.C. 2019. Pengembangan Media Replusir “Replika Siklus Air” pada materi Siklus Air Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V di SD Negeri Junerejo 01 Kota Batu. Universitas Muhammadiyah Malang

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Kristanti, A. A. P. ., Wiguna, F. A. ., Santi, N. N., & Pardi, P. (2022). Pengembangan Modul Belajar IPA Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas V SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 986–993. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2410

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)