Pengembangan Modul Belajar IPA Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas V SDN Mojoroto 4 Kota Kediri
Keywords:
Modul Belajar, IPA, Siklus AirAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada SDN Mojoroto 4 Kediri. Diketahui bahwa siswa kelas V kurang bisa menjelaskan tahapan dalam siklus air secara urut. Hal ini terjadi dikarenakan referensi buku yang digunakan mencantumkan sedikit materi, ruang kelas sering ditinggal dengan keadaan ruang kelas kosong, tanpa guru. Tujuan penelitian pengembangan ini: (1) mendeskripsikan kevalidan modul IPA terkait siklus air (2) mendeskripsikan kepraktisan modul IPA terkait siklus air (3) mendeskripsikan keefektifan modul belajar IPA tentang siklus air. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Pada model pengembangan ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Modul belajar IPA ini sudah melakukan validasi ahli media materi, dan hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Persentase yang didapat pada ahli materi dan media 82% dan 84%. Hasil uji keefektifan mean diperoleh sebesar 87,72 dengan kesimpulan bahwa modul dapat digunakan tanpa adanya perbaikan
References
Ardani, N.K, Dantes, I.N & Marhaeni, A.A.I.N. 2020. Pengembangan Instrumen Literasi Humanistik dan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Kompetensi dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada Peristiwa di Bumi dan kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Febyanti, I., Dyah A.P.W. 2020. Pengembangan Media Puzzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal inovasi penelitian. Vol.1 No.6
Destriantini, N.W, Dantes, N & Gunamantha. 2021. Pengembangan Instrumen Keterampilan Proses Sains Tema Lingkungan Sahabat Kita KD Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada peristiwa di Bumi serta Keberlangsungan Makhluk Hidup dan Locus Of Control Siswa Kelas V sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Denpasar Bali. Vol.5 No.1
Nigtyas, T.W., Setyosari, P & Praherdiono, H. 2019. Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Universitas Negerti Malang. Vol.02 No.02
Putri, A.I.V, Kuswandi, D &susilaningsih. 2020. Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air Untuk Memfasilitasi Siswa sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang. Vol.3, No.4
Putri, N.K.R.C, dkk. 2021. E-modul Interaktif pada muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Somayana,W. 2020. Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA Materi Daur Air Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia
Sukmawati, D., dkk. 2021. Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Universitas Pendidikan Indonesia
Syahputra, A., Arifitama, B. 2018. Pengembangan Alat Peraga Edukasi Proses Siklus Air (Hidrologi) Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Universitas AMIKOM Yogyakarta 10 februari 2018.
Wahyuningtiyas, R.T. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran CAI Berbasis Adobe Flash pada Materi Siklus Air Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya. Vol 09, No.06
Widodo, T.C. 2019. Pengembangan Media Replusir “Replika Siklus Air” pada materi Siklus Air Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V di SD Negeri Junerejo 01 Kota Batu. Universitas Muhammadiyah Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aneke Ayu Puji Kristanti, Frans Aditia Wiguna, Novi Nitya Santi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.