Analisis Tingkat Penggunaan Handphone pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Malang-Turen

Authors

  • Amalia Khoirunnisa Universitas Negeri Malang
  • Ni’matul Jannah Universitas Negeri Malang
  • Tania Khairun Nisa Universitas Negeri Malang
  • Riskiyana Prihatiningsih Universitas Negeri Malang

Keywords:

Students of Islamic High School, Mobile Usage Level

Abstract

The high level of mobile phone use among some students from one of the schools in Malang Regency can be seen from the reduced focus on student learning, being unable to get away from mobile phones, paying less attention to teachers, and being difficult to talk to. The purpose of this study was to determine the level of mobile phone use among some students from one of the schools in Malang Regency. The method in this study is descriptive quantitative, namely a survey using a questionnaire instrument. The subjects in this study were some students from one of the schools in Malang Regency. Data analysis in this study used descriptive statistical techniques. The results of this study revealed that the level of mobile phone use by some students from one of the schools in Malang Regency was at a percentage of 86% which means it was at moderate level. Some students from one of the schools in Malang Regency use cellphones as entertainment when they have problems, as a 'friend' when they feel lonely, and as a medium to temporarily forget problems

References

APJII. 2022. APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) di Indonesia Digital Outlook 2022. (Online). https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857. Diakses tanggal 10 Juni 2023.

Assari, A. (2021). Kecanduan Smartphone Ditinjau dari Sensation Seeking pada Siswa SMA di Yogyakarta. Acta Psychologica, 3(2), 138–147. http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia

Bayu. 2022. Pengguna Smartphone Indonesia Terbesar Keempat Dunia pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-smartphone-indonesia-terbesar-keempat-dunia-pada-2022. Diakses tanggal 10 Juni 2023.

Fauzan, A., Sanusi, H., & Wafa, M. A. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok pada Interaksi Sosial Remaja “Studi di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.” Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB, 1–14. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/8724/1/artikel fauzan.pdf

GSMA Intelligence. 2022. The Mobile Economy 2022. (Online). (https://www.gsmaintelligence.com/.Diakses tanggal 10 Juni 2023.

Hidayat, V. R., & Setyawan, H. (2023, July). Fenomena Phubbing pada Siswa MTs Muhammadiyah Kasihan. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 3, No. 1, pp. 560-567).

Hermiati. 2019. Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Handphone. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 38. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843. Diakses tanggal 10 Juni 2023.

Khalvani Khavid. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Komunikasi (Smartphone) Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. 8 (1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/4849. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023.

Laka Beatus Mendelson. 2018. Dampak Penggunaan Handphone terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik di SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi Kabupaten Biak Numfor. Pedagogika: Jurnal pendidikan dan Dinamika Pendidikan. 6 (2). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/article/view/1667/1295. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023.

Lestari, R., & Sulian, I. (2020). Faktor-faktor penyebab siswa kecanduan handphone studi deskriptif pada siswa di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 23-37.

Lismayanti. 2019. Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial. Stalistika: Jurnal bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 4 (1). https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/970. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023.

Marinding. 2020. Pengaruh Penggunaan Handphone Smartphone. Honoli Journal, 1(November), 17–25.https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/honoli/article/view/2775. Diakses tanggal 10 Juni 2023.

Muflih, Hamzah, Puniawan Wayan Agus. 2017. Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal. 8(1). https://jurnal.usk.ac.id/INJ/article/view/8698/7021. Diakses pada tanggal 25 Juli 2023.

Mumbaasithoh, L., Ulya, F. M. A., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol diri dan kecanduan gadget pada siswa remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33-42.

Mustainah, S. S. (2018). Survey Tentang Penggunaan Handphone Dalam Aktivitas Belajar Siswa MI Se-Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. In Repository IAIN Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8334/5/BAB II.pdf

Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja akhir. Jurnal Empati, 3(4), 481-491.

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1585-1592.

Nurazmi, A., Elita, V., & Dewi, W. N. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja. Jurnal Online Perpustakaan Fakultas Keperawatan, 5(2). https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/21294

Ratnayani. 2020. Analisis Penggunaan Handphone pada Siswa SMA Selama Pandemi Kaitannya Dengan Status Gizi. Journal of Nutrition and Culinary, 2 (2). . 24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JNC/article/download/37766/19196 Diakses tanggal 10 Juni 2023.

Widayani, S., & Astuti, K. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0. Psycho Idea, 18(1), 74.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Amalia Khoirunnisa, Ni’matul Jannah, Tania Khairun Nisa, & Riskiyana Prihatiningsih. (2023). Analisis Tingkat Penggunaan Handphone pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Malang-Turen. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1941–1951. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3986

Issue

Section

Articles