Keefektifan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Sikap Dan Perilaku Belajar Pada Siswa Kelas 7

Authors

  • Nur Izzatul Islamiyah Universitas Negeri Malang
  • Rahma Putri Sholichah Universitas Negeri Malang
  • Salsabilatuz Zakiyah Universitas Negeri Malang
  • Riskiyana Prihatiningsih Universitas Negeri Malang

Abstract

Based on the results of observations of teaching assistant students at the Malang State University Guidance and Counseling (BK) Study Program, there are phenomena that occur in schools, including; students often come late, don't do assignments, don't pay attention to the teacher, and are often allowed to leave class. This is one picture of negative learning behavior. The purpose of this study was to determine the effectiveness of snakes and ladders media in improving student learning attitudes and behavior. The method in this study used an experimental method with a one-group pre-test and post-test design. The sample of this research is 20 people. From this study, the results were obtained in the form of effective snakes and ladders media to improve student learning attitudes and behavior. This is based on the results of the Wilcoxon trial obtained the Asymp value. Sig (2-tailed) of 0.001. Because 0.005 is smaller than 0.05, it can be concluded that Ha is accepted, which means there is a difference in the value of the effectiveness of snakes and ladders media in the pretest and posttest.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar.JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran),1(1), 77-89.

Agniarahmah, A., Yulia, C., & Stevani, H. (2023). KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN SELF AWARENESS. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(1), 8-13.

Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta:Deepublish.

Dachmiati, S. (2017). Program bimbingan kelompok untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar siswa. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 10-21.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Hawasi, O., Yulia, C., & Yunus, A. (2022). KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI COPING STRESS. Research and Development Journal of Education, 8(2), 511-517.

Irfan, I., Jarkawi, J., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier.Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi,3(2), 79-87.

Kibtiyah, A., Maksun, A., Millah, N. W., Waafiqoh, N., & Amalia, Y. R. (2021). Sikap disiplin, tanggung jawab dan perilaku belajar anak selama masa pandemi.SAINSTEKNOPAK,5(1).

Lamirin, L., Sangaji, J., & Lisniasari, L. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 2(2), 93-105

Lase, S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Warta Edisi, 56, 1-829

Lase, W. N., Zalukhu, A., Zalukhu, S. R., & Harefa, N. A. J. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.Journal on Education,6(1), 4301-4308

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar.Lembaran Ilmu Kependidikan,36(1).

Mardiana, N. (2012). Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1(1).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh kepemimpinan guru dan keterampilan manajemen kelas terhadap perilaku belajar siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220-229.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Sari, R. O., & Damayanti, S. (2023). PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP KELAS IX.QUANTA,7(1), 18-25.

Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi prestasi belajar mahasiswa terhadap perilaku belajar dan motivasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi kota padang provinsi sumatera barat.Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis,5(2), 242-251.

Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69-79.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Nur Izzatul Islamiyah, Rahma Putri Sholichah, Salsabilatuz Zakiyah, & Riskiyana Prihatiningsih. (2023). Keefektifan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Sikap Dan Perilaku Belajar Pada Siswa Kelas 7. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1910–1919. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3983

Issue

Section

Articles