Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Teknik Sosiodrama

Authors

  • Meilia Putri Sulikhah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nora Yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

interpersonal communication, group guidace, sociodrama technique

Abstract

Interpersonal communication is communication between two or more people that is usually not formally organized. According to Hardjana (2013) interpersonal communication skills relate to communication between two people, usually face to face in a private setting. Guidance and counselling is a support service for students both individually and in groups so that they can develop optimally with the support of various offers and resources in the fields of personal counselling, socisl counselling, education, and career counseling. Group guidance is to enable learner to obtain various materials or meanings from sources that are useful for daily life both as individuals and as members of society and family, in this article group guidance is carried out with sociodrama techniques, sociodrama itself is a role plau that aims to solve social problems that arise in human relation. Sociodrama activities can be conducted when most group members face similar social problem or when they want to educate or change certain attitudes. Sociodrama technique is one of the techniques in group guidance used to improve students’ interpersonal communication. The purpose of this article is to find out rationally about the improvement of students’ interpersonal communication skills through sociodrama

References

YUSAK, G. H. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Tkj Smk Pawyatan Daha 3 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri

QORI’ ASHARI, D. A. (2018). Efektivitas Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Vii Smpn I Kras Tahun Ajaran 2017/2018 2(3). Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri

Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1). Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Aditya Ardhi Rizal, Giyono, Shinta Mayasari. (2013) MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI TEKNIK ASSERTIVE TRAINING. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lampung Mei 2023

Fitriani Intania Dewi, Siti Fitriana, Suhendri. (2017). EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG. Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Semarang.

Yunita W, Arri H, Gregorius R.A. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROUND ROBBIN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI TKR. Widyasari Press. (8 Oktober 2019). 3(9). Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Yuliningsih Dr. Sunarti, M. Pd. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiadi Kelas Vi A Sd Negeri 2 Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas PGRI Yogyakarta.

Nilawatul Khotim, Denok Setiawati, S.Pd., M.Pd., Kons. .PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS X TKJ-1 (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 1) SMK RADEN RAHMAT MOJOSARI MOJOKERTO.

EVI ZUHARA. (2014). EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014). PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG

Erthienda Mahardika Iswarawati. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SD NEGERI CEPIT PENDOWOHARJO BANTUL. Program Studi PGSD Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

PUTRI RAHIDA PRATAMA. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES SAMBUNG JAWA I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR. PROGRAM STUDI PGSD FKIP MUHAMMADIYAH MAKASSAR,.

Rizka Rosida Hayuni, Elia Flurentin. (2016). PENGEMBANGAN PANDUAN SOSIODRAMAUNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIALSISWA SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 3, , hlm. 118—125. Bimbingan dan Konseling-Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang-Jl.Semarang No. 5 Malang.

PUTRI, A. R. (2020). Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bandar Seikijang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Primanti, R. D., Muslim, M., & Makhmudah, U. (2019). Efektivitas Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 3(1), 10-23.

HAQ, I. A. (2016). KEEFEKTIFAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT SISWA YANG RENDAH PADA KELAS X TKJ PEMUDA PAPAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Utomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55-59.

SETIA, S. F. (2019). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah kecanduan game online pada siswa kelas x di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)..

YATI, S. M. (2018). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Oktaviani, Y., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(6).

Annisa Dini Sabila. (2016). KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SEMARANG.

YATI, S. M. (2018). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Putri, M. V. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Septiani, Rima Dwi (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

SETIA, S. F. (2019). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah kecanduan game online pada siswa kelas x di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

ADEN, N. (2023). PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERSERTA DIDIK KELAS XI TKJ SMK PERSADA (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

NORA YUNIAR SETYAPUTRI. (2022). Banranaya Sebagai Invovasi Layanan BK Di Era Disrusi (Media BK dan Konsep Pendekatan Konseling Multibudaya). Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1(1), 1-12.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Putri Sulikhah, M. ., & Yuniar Setyaputri, N. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Teknik Sosiodrama. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 779–787. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3956

Issue

Section

Articles