Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Self-Esteem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V SDN Susuhbango
Keywords:
tingkat pendidikan orang tua, self-esteem, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan materi pada siswa yang kurang memahami dalam pembelajaran, hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya factor mengenai tingkat pendidikan orang tua dan self esteem. Dalam penelitian ini melibatkan tiga tujuan dengan peran pengaruh diantaranya yaitu, pengaruh tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa, pengaruh self esteem dengan hasil belajar siswa, pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan self esteem terhadap hasil belajar siswa. Dari ketiga tujuan penelitian mendapatkan hasil dari pengambilan data disekolah dasar serta sudah dilaksanakannya pengolahan data dengan hasil ada pengaruh yang positif terhadap tingkat pendidikan orang tua dengan determinasi 0,315, ada pengaruh yang positif terhadap self esteem dengan determinasi 001, ada pengaruh yang positif terhadap tingkat pendidikan orang tua dan self esteem mengenai hasil belajar siswa dengan determinasi 0,267. Kesimpulan yang bisa didapat mengenai penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif pada variabel tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar sebesar 31,5%, terdapat pengaruh positif pada variabel kedua yaitu pengaruh self esteem terhadap hasil belajar siswa sebesar 1%, terdapat pengaruh positif pada bagian variabel ke tiga yaitu pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan self esteem secara bersamaan mempengaruhi hasil belajar sebesar 26,7%.
References
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizah, D. U. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.
Hamzah, & Sardiman. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Aceh: Bumi Aksara.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed berbasis literasi digital pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 183.
Jhon, E. (1991). Action Research for Educational Change. Bristol: Open University Press.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.
Permendikbud. (2015). Nomor 23 Tahun 2015 Standar Penilaian Pendidikan.
Priyatni. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aulia Maghfiroh, Novi Nitya Santi, Frans Aditia Wiguna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.