Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Self-Esteem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V SDN Susuhbango

Authors

  • Aulia Maghfiroh Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

tingkat pendidikan orang tua, self-esteem, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan materi pada siswa yang kurang memahami dalam pembelajaran, hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya factor mengenai tingkat pendidikan orang tua dan self esteem. Dalam penelitian ini melibatkan tiga tujuan dengan peran pengaruh diantaranya yaitu, pengaruh tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa, pengaruh self esteem dengan hasil belajar siswa, pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan self esteem terhadap hasil belajar siswa. Dari ketiga tujuan penelitian mendapatkan hasil dari pengambilan data disekolah dasar serta sudah dilaksanakannya pengolahan data dengan hasil ada pengaruh yang positif terhadap tingkat pendidikan orang tua dengan determinasi 0,315, ada pengaruh yang positif terhadap self esteem dengan determinasi 001, ada pengaruh yang positif terhadap tingkat pendidikan orang tua dan self esteem mengenai hasil belajar siswa dengan determinasi 0,267. Kesimpulan yang bisa didapat mengenai penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif pada variabel tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar sebesar 31,5%, terdapat pengaruh positif pada variabel kedua yaitu pengaruh self esteem terhadap hasil belajar siswa sebesar 1%, terdapat pengaruh positif pada bagian variabel ke tiga yaitu pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan self esteem secara bersamaan mempengaruhi hasil belajar sebesar 26,7%.

References

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, D. U. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.

Hamzah, & Sardiman. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Aceh: Bumi Aksara.

Hanik, E. U. (2020). Self Directed berbasis literasi digital pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 183.

Jhon, E. (1991). Action Research for Educational Change. Bristol: Open University Press.

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.

Permendikbud. (2015). Nomor 23 Tahun 2015 Standar Penilaian Pendidikan.

Priyatni. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Maghfiroh, A. ., Santi, N. N. ., & Wiguna, F. A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Self-Esteem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V SDN Susuhbango. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 6–11. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1201

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)