Persepsi Orang Tua Tentang Respon Emosi Anak Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Dhea Septya Syahnanda Universitas PGRI Madiun
  • Nuraini Universitas PGRI Madiun
  • Afnin Dita Arianti Mawarningsih Universitas PGRI Madiun
  • Rukma Setianingrum Universitas PGRI Madiun
  • Dian Ratnaningtyas Afifah Universitas PGRI Madiun

Keywords:

children's emotional response, online learning

Abstract

Pembelajaran dari rumah selama masa pandemi COVID 19 menjadi salah satu alternative anak-anak untuk tetap mendapatkan hak untuk belajar mulai satuan pendidikan PAUD sampai perguruan tinggi. Situasi belajar dari rumah tentu memberikan atmosfir yang berbeda bagi anak-anak, khususnya berkaitan dengan kondisi psikologis sebagai akibat dari belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua tentang kondisi psikologis anak selama proses pembelajaran dari rumah. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, yang terdiri dari TK A dan satu kelas TK B. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan model pendekatan survey. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua mengganggap bahwa anak cenderung memunculkan emosi yang negative ketika diminta untuk belajar, anak-anak lebih suka untuk bermain dari belajar.

References

Cindy H. Liu, P. a. (2020). Psychosocial Stress Contagion in Children and Families During the COVID-19 Pandemic. Clinical Pediatrics Brigham and Women’s Hospital, Harvard Medical School, Boston, MA, USA , 853- 855.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19.

JCE (Journal of Childhood Education) , Hal. 71 – 81.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , Pages 241-256 .

Muslim , M. (2020). MANAJEMEN STRESS PADA MASA PANDEMI

COVID-19 . ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, HAL 192-200.

Peristianto, S. V., & Setyaningtyas , A. D. (2020). GAMBARAN POLA ASUH ORANGTUA PADA MASA PANDEMI COVID -19. Universitas Mercu

Buana Yogyakarta Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta , 4.

Spinelli, M., Lionetti, F., Pastore, M., & Fasolo, M. (2020). Parents' Stress and Children's Psychologocal Problems in Families Facing the COVID-19 Outbreak in Italy. frontiers in psychology, 1713.

Susilowati, E., & Azzasyofia2, M. (2020). Tingkat Stres Orang Tua Menghadapi Anak Belajar dari Rumah di Awal Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Internasional Sains dan Masyarakat, Volume 2, Edisi 3, 2020, 9.

Downloads

Published

2022-01-14

How to Cite

Syahnanda, D. S. ., Nuraini, N., Mawarningsih, A. D. A. ., Setianingrum, R. ., & Afifah, D. R. (2022). Persepsi Orang Tua Tentang Respon Emosi Anak Selama Pembelajaran Daring. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 436–444. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1585

Issue

Section

Articles