Pola Komunikasi Pendampingan Belajar Dari Rumah Di Tk Negeri Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur

Authors

  • Muasisah Jadidah Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Eva Riza Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Putri Ratih Puspitasari Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Sisca Nurul Fadila Universitas Mohammad Husni Thamrin

Keywords:

pola komunikasi, belajar dari rumah (BDR), taman Kanak-Kanak Negeri

Abstract

Mencermati pentingnya kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR), maka keterlibatan orang tua dalam menemukan pola komunikasi sangat relevan untuk diteliti. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pola komunikasi guru dan orang tua murid dalam pendampingan anak serta aspek-aspek yang berpengaruh dalam keberhasilan pelaksanaan BDR. Jenis penilitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel penelitian mempergunakan sampel populasi terdiri guru N=6 dan Orang tua N=121 di TKN Kec. Kramat Jati Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penyebaran kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian dapat digambarkan terdapat beberapa pola komunikasi antara guru dan orang tua selama BDR, yaitu pola komunikasi kooperatif, pola komunikasi interpersonal, pola komunikasi transaksional dan pola komunikasi kolaboratif.

Beberapa aspek yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pelaksanaan kegiatan BDR adanya perencaan pembelajaran melibatkan orang tua, pendampingan dan pembimbingan orang tua, adanya sarana untuk keluhan pelanggan melalui group WA, aspek motivasi yang diberikan oleh orang tua berdasarkan arahan dari guru atau pihak sekolah.

References

Anita, Sri. “Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok A BA Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga”, PIAUD, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.” 2020, n.d.

Berkowitz, Leonard. Emotional Behavior 1. Jakarta: PPM, 2003.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

———. Ilmu Komuikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Goleman, Daniel. Social Intelligence The New Science Of Human Relationship. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Goodall, Janet, and Kathryn Weston. Menarik Partisipasi Orang Tua. Jakarta: Erlangga, 2019.

H, Blake Reed, Edwin O, and Haroldsen. Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Papyrus, 2003.

Hidayat, Syarif. “PengaruhKerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan.” Jurnal Ilmiah Widya 1, no. 2 (2013).

Juwita, Dewi, Kenny, I Gusti Nyoman Sanjaya, and Enda E Ginting. Menciptakan Kegiatan Yang Berpusat Pada Anak. Jakarta: CRI Indonesia, 2000.

Liana, Ni Komang Elma. “Membangun Karakter Melalui Peran Emosi Positif Di Era Industri 4.0,” 2019.

McCarthy, Peter J., Liran Brennan, and Karen Vecchiarello. “Parent – School Communication in the Inclusive Classroom: A Comprehensive Model of Collaboration in Education.” International Journal of Humanities and Social Science 1, no. 15 (2011).

Michael, Sikes. Building Parent Involvement through the Arts: Activities and Projeect That Enrich Classroom and School. California: Corwin ress A Sage Publication Company, 2007.

Musman, Asti. Berdamai Dengan Emosi. yogyakarta: Psikologi Corner, 2018.

Nurudin. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

“Pandemi Covid 19 Di Indonesia.” Wikipedia, 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia.

“Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 15 Tahun 2020.,” n.d.

Phil, and Astrid Susanto. Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek. Bandung: Mandar Maju, 1992.

Rohim, H. Syaiful. Teori Komunikasi, Perspektif, Ragam Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Sari, Dianti Yunia, Shinta Mutiara, and Aldila Rahma. “Kesiapan Orang Tua Dalam Menyediakan Lingkungan Bermain Di Rumah Untuk Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19.” Jurnal Tumbuhkembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD 7, no. 2 (2020).

Solihat. “Komunikasi Orang Tua Dan Pembentukan Kepribadian Anak.” JurnalKomunikasi, Mediator 6, no. 2 (2005).

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset, 2004.

“Surat Edaran Dinas Pendidikan, Pemuda, Dan Olahraga DIY No. 421/02280 Tentang Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Sekolah Dalam Rangka Pencegahan COVID-19,” n.d.

Syaharuddin, S. “Menimbang Peran Teknologi Dan Guru Dalam Pembelajaran Di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi Dan Guru Dalam Pembelajaran Di Era COVID-19,” n.d.

Tubbs, Stewart L. Human Communication : Konteks – Konteks Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Widjaja, H. A. W. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Winarsih, Endang. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.” Poskita.com, 2020. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtuadalampembelajaran-jarak-jauh/.

Wood, Julia T. Komunikasi Interpersonal - Interaksi Keseharian Edisi 6 - Interpersonal Communication Everyday Encounters. Salemba Humanika, 2013.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Jadidah, M. ., Riza, E. ., Puspitasari, P. R. ., & Fadila, S. N. . (2021). Pola Komunikasi Pendampingan Belajar Dari Rumah Di Tk Negeri Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 353–365. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1544

Issue

Section

Articles