Implementasi Metode Alehe ( Audiotory: Learning By Hearing) Dan Metode Menyanyi Pada Mata Pelajaran IPA Di SD

Authors

  • Sindy Kartika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfi Laila Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Audiotory, metode menyanyi, perubahan wujud benda

Abstract

Anak usia sekolah dasar memiliki kepribadian yang cenderung aktif, tidak bisa diam dan mudah bosan. Sehingga guru memerlukan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pada penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ALEHE dan menyanyi pada mata pelajaran IPA di SD. Pada Penelititan ini yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Menggunakan Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2020 hingga desember 2020 di SDN Mojoroto IV Kota Kediri. Subjek penelitian ini siswa kelas III dengan jumlah 24 siswa.Analisa data dilakukan mulai dari mereduksi data, penyajian data, dan menarik  kesimpulan. Hasil penelitian ini  implementasi metode ( Audiotory: Learning By Hearing) Dan Metode Menyanyi menghasilkan suasana belajar lebih menyenangkan, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa 41,6% mencapai KKM.

References

Ma’rifah. Imroatul. 2010. Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, cerita, menyanyi) dalam membina akhlak anak usia dini di RA Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo.Tulungagung. (UIN Malang)

Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.

Nuralita Riske,L.D, Laila, Alfi. Pengaruh Metode Make A Match Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti Kebhinekaan Siswa Kelas III SDN Purwodadi Kec. Kras Kab. Kediri Tahun Ajaran 2015. Jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar volume 2 nomor 2 desember 2015 p-issn 2355-1925.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka cipta.

Soenarko,Bambang. Aditia,W.Frans. Dkk. 2018. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS Vol 1 No 2 diunduh dari http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM

Susilo,Joko. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Downloads

Published

2021-12-03

How to Cite

Kartika, S. ., Wiguna, F. A. ., & Laila, A. . (2021). Implementasi Metode Alehe ( Audiotory: Learning By Hearing) Dan Metode Menyanyi Pada Mata Pelajaran IPA Di SD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 125–131. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1436

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)