Pengaruh Probing-Prompting Learning Terhadap Kemampuan Menjelaskan Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV Model SDN Mojoroto 4 Kota Kediri
Keywords:
Model Probing-Prompting Learning, kemampuan menjelaskan, materi kegiatan ekonomiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa masih banyak siswa yang belum dapat memahami materi kegiatan ekonomi dengan baik. Permasalahan dalam penelitian meliputi: (1) apakah ada pengaruh Model Probing-Prompting Learning terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri, (2) apakah ada pengaruh Model Konvensional terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri, (3) apakah ada perbedaan pengaruh antara model Probing-Prompting Learning dengan model Konvensional pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting Learning terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Peneliti menggunakan teknik eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group design dengan menggunakan perlakuan berupa model pembelajaran Probing-Prompting Learning. Berdasarkan analisis data ditarik kesimpulan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting Learning dan model pembelajaran konvensional dibuktikan perolehan rata-rata nilai posttest sebesar 85,27 (kelompok eksperimen) > 78,73 (kelompok kontrol).
References
Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Dharsana, Ketut. 2017. Psikologi Pendidikan. Singaraja: Undhiska.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Moeliono, Anton M, dkk. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Nadir dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. 1, Ed.1. Surabaya: Amanah Pustaka.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Amelia Putri Chesa, Frans Aditia Wiguna, Susi Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.