Pengaruh Probing-Prompting Learning Terhadap Kemampuan Menjelaskan Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV Model SDN Mojoroto 4 Kota Kediri

Authors

  • Amelia Putri Chesa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/yy7cah71

Keywords:

Model Probing-Prompting Learning, kemampuan menjelaskan, materi kegiatan ekonomi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa masih banyak siswa yang belum dapat memahami materi kegiatan ekonomi dengan baik. Permasalahan dalam penelitian meliputi: (1) apakah ada pengaruh Model Probing-Prompting Learning terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri, (2) apakah ada pengaruh Model Konvensional terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri, (3) apakah ada perbedaan pengaruh antara model Probing-Prompting Learning dengan model Konvensional pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting Learning terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Peneliti menggunakan teknik eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group design dengan menggunakan perlakuan berupa model pembelajaran Probing-Prompting Learning. Berdasarkan analisis data ditarik kesimpulan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menjelaskan kegiatan ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting Learning dan model pembelajaran konvensional dibuktikan perolehan rata-rata nilai posttest sebesar 85,27 (kelompok eksperimen) > 78,73 (kelompok kontrol).

References

Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Dharsana, Ketut. 2017. Psikologi Pendidikan. Singaraja: Undhiska.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Moeliono, Anton M, dkk. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Nadir dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. 1, Ed.1. Surabaya: Amanah Pustaka.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Probing-Prompting Learning Terhadap Kemampuan Menjelaskan Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV Model SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. (2021). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 512-520. https://doi.org/10.29407/yy7cah71

Similar Articles

1-10 of 430

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)