Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2

Authors

  • Anggelina Prastin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anggelina Prastin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Media Pembelajaran, Buku Saku, penelitian pengembangan R&D

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya siswa dalam memahami keragaman sosial budaya Indonesia, sulitnya siswa dalam menerima penjelasan dari guru, dan pembelajaran IPS membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk pengembangan media buku saku pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku saku memperoleh hasil 88% dari ahli materi, 95% ahli bahasa, dan 93% ahli media, maka dalam kevalidannya dikategorikan sangat valid. Pada kepraktisannya media buku saku mendapatkan skor dari hasil respon siswa sebesar 4,51 terletak pada rentang X>4,20, dan dikategorikan sangat layak. Dalam keefektifannya media buku saku mendapatkan hasil presentase sebesar 93% dan dikategorikan sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran buku saku sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran

References

Aini, A. N., & Suharti. (2017). Pengembangan Buku Saku Aksara Jawa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD 1 Kadipiro Kasihon Bantul. PGSD Indonesia.

Badar, & Trianto, I. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Jakarta: Kencana.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BP Cipta.

Edy, S., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Pendidikan IPS.

Primesstianissa, S. (2016). Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Anggelina Prastin, M., Anggelina Prastin, M., Damayanti, S. ., & Putera Permana, E. . (2022). Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1044–1052. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2407

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)