Pengembangan Kecerdasan Logis-Matematis Melalui Penggunaan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Tanaya Susilatama Novanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Prastihastari Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

bahan alam, kecerdasan logis-matematis, media pembelajaran

Abstract

Kecerdasan logis-matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan kecerdasan pada anak. Kemampuan logis-matematis berperan dalam pengembangan berpikir kritis, logis, dan kreativitas anak. Selain itu, anak yang memiliki kecerdasan logis-matematis yang baik akan mampu menghadapi serta memecahkan segala permasalahan yang dihadapi dalam keseharian. Akan tetapi, terkait pengembangan kecerdasan logis-matematis pada anak usia 5-6 tahun di TK Labschool Kediri masih sangat terbatas. Hal ini terjadi sebab masih sedikitnya penggunaan media pembelajaran yang ada. Banyak bahan alam yang ada di sekitar anak namun belum digunakan secara tepat. Penggunaan bahan alam ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia 5-6 tahun. Pembelajaran bagi anak harus dikemas secara menyenangkan. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari perencanaa, pelaksanaan, dan penilaian serta artikel, jurnal, buku, dan juga internet sesuai dengan fokus penelitian. Data yang telah terkumpul akan di analisis dan dievaluasi dan kemudian diuraikan secara deskriptif serta ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang diharapkan semoga guru pada lembaga lain juga memanfaatkan bahan alam dalam pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini.

References

Fauziah, N. (2013). PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK. JIV. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.4

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Kemdikbud, 2020. (2020). Surat Edaran menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. Osteoarthritis and Cartilage.

Madyawati, L., Mariana, S., Zubaidah, E., Kemendikbud RI, Putra, A. Y., Yudiernawati, A., Maemunah, N., Setyawan, F. H., Ramadani, R., Dewi, N. L. K. M., Putra, D. B. K. T. N. G. R. S., Suniasih, N. W., Widowati, D. A., Teftiani Karina, D., Amelia, L., Marsella, A., Fatmawati, S. R., Hardini, R. N. C., Adhimah, S., … Arifa, T. R. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Teratai.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences).

Nurlaela, L. (2018). pengembangan media pembelajaran bussy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Skripsi.

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Taniara, H., Ahmad, A., & Fauzia, S. N. (2019). Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Media Bahan Alam Pasir Berwarna Di Tk Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini.

Widiastini, L. P., Raga, I. G., & Kusmaryatni, N. (2013). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MERONCE ANAK KELOMPOK B DI TK NURUL MUBIN. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undhiksa, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1468

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Novanti, T. S. ., & Wijaya, I. P. . (2021). Pengembangan Kecerdasan Logis-Matematis Melalui Penggunaan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 75–81. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1405

Issue

Section

Articles