Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Loose Parts
Keywords:
motorik kasar, loose parts, 3-4 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak berbasis loose parts selama belajar dari rumah. Permasalahan yang dihadapi adalah lemahnya motorik kasar pada anak, maka untuk mengetahui tingkat perkembangan motorik kasar anak selama belajar dari rumah peneliti menggunakan penelitian kuatitatif yang dilakukan dengan studi kasus. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan, teknik observasi, wancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini 1 anak dari KB Lab School Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil dari data menunjukkan adanya peningkatan perkembangan motoric kasar anak selama belajar dari rumah dengan menggunakan loose parts, dibuktikan dengan hasil capaian indicator perkembangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa loose parts dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun selama belajar dari rumah.
References
A’la, A. J. (2018). PERMAINAN LONCAT KARDUS STEP BY STEP UNTUK. 23–26.
Anita Damayanti, Sriyanti Rahmatunnisa, & Lia Rahmawati. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124
Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754
Hidayah, L. (2016). Upa Meningkatkan Kelincahan Anak Melalui Permainan Lari Bolak-Balik di TK B RA CHOIRUL FIKRI Ngemplak Sleman: Vol. III (Issue 2). Universitas Negri Yogyakarta.
Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini.
Mukhlisa, N., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan Permainan Papan Titian Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.
Nurmala, W., Yasbiati, Y., & Rahman, T. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KOLASE BERBAHAN SERBUK KAYU PADA KELOMPOK B DI RA YASBIMAN AL-MUNAWAR KABUPATEN TASIKMALAYA. JURNAL PAUD AGAPEDIA. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26682
Nuryanti, Arifin, R. R., & Ismail, H. (2018). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN SENAM CERIA. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10525
Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.177
Shabrina, E., & Lestariningrum, A. (2020). The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood Care and Education. https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1679
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Alfabeta.
Witri, R. I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK KELOMPOK A DI RA BINA AMANAH KOTA BATU. UNIVERSITAS ISLAM MALANG.
Yulianti, E. N., & Fithroni, H. (2019). Pengaruh Modifikasi Latihan Fisik Terhadap Kelincahan Pada Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun. Jurnal Kesehatan Olahraga Vol, 07, 399–404.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ega Shabrina, Anik Lestariningrum, Intan Prastihastari Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.