Pengembangan Media Dadada (Dadu Dalam Dadu) Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini
Keywords:
media dadada (dadu dalam dadu), kemampuan membaca permulaan, anak usia 4-5 tahunAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan APE (Alat Permainan Edukatif) bernama Media Dadada (Dadu dalam Dadu) sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan permulaan membaca terhadap anak usia dini. Penelitian termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi metode Borg dan Gall tetapi hanya 4 tahap diadopsi yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk dan validasi desain. Analisis hasil validasi dilakukan dengan menggunakan Rumus Aiken dimana tahap ke-4 yang dipilih akan dijadikan pedoman kelayakan media. Hasil diperoleh penilaian yang dilakukan ahli materi dan media memaparkan kelayakan pada media yang dikembangkan khususnya dalam peningkatan kemampuan membaca awal. Meskipun ada beberapa saran yang harus direvisi tetapi kesimpulan akhir media dapat digunakan untuk tahapan penelitian selanjutnya. Tindak lanjut yang akan dilakukan peneliti nantinya akan membenahi media sesuai masukan yang diberikan kemudian membuatkan buku panduan media supaya bermanfaatan untuk orang lain terutama pendidik anak usia dini dan orang tuanya dalam membantu anak kemampuan bahasa khusus membaca permulaan.
References
Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204
Herlina. Emmi. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol5. No.4 November-Desember 2019.
Indria, V. P., Sumarsih, & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 95–100. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2786
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.
Montalalu dkk. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata ( Syllabic Method ) Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Nayu Barat Iii Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41–56. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/457
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5, 106–117. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395
Retnawati, H. (2016). Validitas, Reliabilitas dan karakteristik butir. Yogjakarta.
Sulistyawati, E. E., & Sujarwo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc Pada Anak Usia 5– 6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064
Sumaliwati, N. P. H. S., Jampel, I. N., & Asril, N. M. (2015). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5886
Sumiati, A. Y., & Komala. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Permainan Kotak Huruf pada Kelompok B. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 591–601.
Saurina. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan AUGMEND REALITY. Jurnal IPTEK Vo.2 No.1, Mei 2016. https://ejurnal.itats.ac.id/iptek/article/view/27/22
Windayana. H. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, Vol5. No.1, Mei 2014. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10492
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Qurroti A’yunin, Rosa Imani Khan, Anik Lestariningrum3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.