Mengembangkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Dahi Edukatif (Dadu Hitung Edukatif) Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Keywords:
Alat Permainan Edukatif, Pengembangan Kognitif, Anak Usia DiniAbstract
Berhitung merupakan pengembangan kemampuan matematika dasar yang harus di kembangkan sejak dini. Sebuah kemampuan yang harus di kembangkan bagi anak yaitu kemampuan berhitung berupa mengenal lambang bilangan, menyebutkan lambang bilangan secara urut dan membilang, membilang dengan benda-benda hingga 20, mampu membilang menyebutkan 1-20 dengan urutan yang benar dan mampu menunjuk angka 1-10, menirukan lambang bilangan 1-10, menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda yang memiliki juamlah yang sesuai da juga mencocokkan benda satu dengan lainnya. Media DAHI sendiri merupakan media yang terdiri dari dadu serta kartu angka dan kartu gambar yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung serta mengenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kesimpulan kajian yang telah dilakukan oleh peneliti, media dadu hitung edukatif diharapkan efektif untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini.
References
Lestari, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak (TK) Zhafira Gedangan Sidoarjo. http://digilib.uinsby.ac.id/29498/3/Maisarah Lestari_D78214028.pdf
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 1–6.
Sunanih. (2017). Kemampuan membaca huruf abjad bagi anak usia dini bagian dari perkembangan bahasa. Jurnal pendidikan,1. http://eprints.umpo.ac.id/5499/3/BAB II.pdf
Uce, L., & Dosen. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
n di artikel penelitian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ana Febriani, Hanggara Budi Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.