Puzzle Alphabet Tokoh Punakawan Sebagai Pengembangan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini
Keywords:
Puzzle, Alphabet, Tokoh PunakawanAbstract
Penyusunan pengajaran yang berkualitas dan kesiapan orang-orang yang solid di masa depan dapat tercapai jika anak-anak sejak awal telah mendapatkan dorongan pengajaran yang tepat, tepatnya, dorongan yang sesuai dengan usia dan perubahan mental peristiwa dan persyaratan yang tidak biasa, yang terjadi dalam waktu singkat. iklim yang indah dan penuh energi. Salah satu perangkat yang fokus pada pelatihan dengan game adalah Gorilla (Instructive Game Apparatus. Alat permainan edukatif atau kita sering sebut dengan APE berbasis budaya sangat baik untuk mendidik anak usia dini dalam mengenal budaya, apalagi anak usia dini merupakan usia golden age dimana ketika anak kita ajarkan mengenai suatu hal yang unik dan suatu hal yang perlu mereka ketauhi, maka anak akan mengingat apa yang sudah kita ajarkan. Apalagi kalau kita mengajarkan tentang budaya, dimana mereka akan mengenal budaya sejak dini merupakan hal yang sangat baik bagi anak. Disini saya mengambil judul puzzle alphabet tokoh punakawan yaitu semar, petruk, gareng, dan bagong. Disini anak akan belajar mengenal huruf alphabet A-Z, lalu selain itu anak bisa belajar menyusun kepingan puzzle alphabet tersebut sesuai bentuk dari keempat tokoh punakawan sambil Menyusun kepingan puzzle alphabet, anak juga bisa mengenal secara sederhana mengenai karakteristik tokoh punakawan yang berbeda. Jadi puzzle alphabet tokoh punakawan ini sangat baik untuk media pembelajaran khususnya di tingkat anak usia dini.
References
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.
Depdikbud, Ketua Jenderal Persekolahan dan Kebudayaan. 1994. Pelatihan taman kanak-kanak penting bagi kaum muda, karena pelatihan adalah modal yang berdampak pada pergantian peristiwa lebih lanjut.
Depdiknas. 2007. Alat Permainan Edukatif (APE).
Koitchiro Matsuura. 2004. wayang telah dianggap sebagai salah satu warisan sosial dunia, harus diselamatkan dan merupakan kewajiban seluruh negara, khususnya individu Indonesia yang memiliki item yang sangat terhormat.
Madyawati. 2015. Bermain menggunakan media puzzle huruf.
Slamet Suyanto. 2005. pembelajaran di TK menggunakan pedoman belajar sambil bermain.
Sudjarwo, Sumari, Undung Wiyono. 2010. Buku Rupa dan Tokoh Wayang Purwo.
Wardani. 2016. Puzzle atau teka-teki diambil dalam bahasa Latin yang terletak di program kerangka tidak beraturan yang penuh dengan teka-teki.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dini Oftaviani, Widi Wulansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.