Min (Mlaku-Mlaku Ing Nganjuk Nyawiji) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Aspek Pengembangan Motorik Anak

Authors

  • Widya Apria Alfionita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Widi Wulansari Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

anak, perkembangan motorik, media

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah salah satu pendidikan yang memfokuskan peletakan pondasi dasar ke arag pertumbuhan dan perkembangan anak melalui perkembangan nilai agama moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa dan seni. Perkembangan motorik anak adalah kemampuan keterampilan menggerakkan anggota tubuh anak. Gerakan ini melibatkan saraf, otot dan tulang-tulang sendi anak. Alat peraga edukatif merupakan alat atau media yang digunakan untuk merangsang dan menstimulus aktivitas perkembangan anak. Alat permainan edukatif juga merupakan alat bantu belajar bagi anak yang dirancang khusus untuk anak sesuai tingkatan usia anak. Media MIN merupakan media yang dirancang khusus untuk membantu memberikan stimulus perkembangan motorik khususnya motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Media ini berbahan dasar dari banner dengan ukuran 4x2,5m yang disertai peta wilayah Kabupaten Nganjuk yang kaya akan wisata-wisata alam dan buatan manusia. Media MIN ini disesuaikan dengan wisata-wisata yang tersebar di wilayah Nganjuk, mulai dari wisata alam sampai wisata buatan manusia. Media ini juga dilengkapi dengan kartu perintah yang didesain untuk mudah dibaca anak. Gambar-gambar yang disediakan bukan real gambar peta wilayah Nganjuk, melaikan sudah dimodifikasi dan diedit sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian anak.

References

Barrow, Harold M, Mc Gee, and Rosemary. 1976. A Pratical Approach To Measurement in Phisycal Education. New York: Lea & Fibger.

Ismail, Andang. 2009. Education Games Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Rofi’ah, Siti, and Evita Widiyati. 2020. “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Edukasi ‘Travel Playmat’ Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 7 Tahun.” Jurnal IKA 8: 412.

Syamsuardi. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE). Bone: Jurnal.

Yamin, H., and Martinis. 2012. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Alfionita, W. A. ., & Wulansari, W. . (2021). Min (Mlaku-Mlaku Ing Nganjuk Nyawiji) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Aspek Pengembangan Motorik Anak. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 277–281. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1525

Issue

Section

Articles