Penggunaan Permainan Untuk Menstimulus Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini

Authors

  • Rinni Eka Harianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rini Lailatul Hidayah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Widi Wulansari Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Berhitung Permulaan, Permainan, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini adalah kegiatan pembelajaran kemampuan pengenalan angka dimana anak dapat berhitung mulai dari bilangan nol sampai dengan 10, hal ini banyak kemungkinan pada usia anak sejak dini harus mampu untuk berhitung permulaan. Oleh sebab itu sangat penting untuk anak mampu berhitung permulaan agar anak tersebut bisa meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya atau jenjang yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dapat di stimulus dengan beberapa penggunaan permainan, permainan tersebut merupakan permainan dimana permainan itu berguna untuk menstimulus kognitif anak untuk meingkatkan kemampuan daya berhitung pada anak usia dini. Dengan melalu penggunaan permainan umtuk menstimulus kemampuan berhitung permulaan memberi semangat belajar terhadap anak sebab pada dasarnya anak selalu suka bermain, melalui beberapa permainan anak bisa belajar mengenal bilangan dan anak bisa belajar berhitung dengan mudah.

References

Ahmad Susanto, M Pd. 2011. “Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.” Kencana. 2011.

Farihah, Himmatul. 2017. “Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka.” Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (1): 1–19.

Lestari, K W. 2011. “Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini.” Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional.

Mansur, M A. 2005. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martiana, Lusi Dwi. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Bermain Dengan Media Ular Tangga Pada Anak.” Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang 2 (2).

Permadi, Handari. 2018. “Pengembangkan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” UNJ.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2007. “Metode Pengembangan Kognitif.” Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi, Suyadi. 2016. “Perencanaan Dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1 (1): 65–74.

Tarigan, Yohana Meinar, Tina Maharani, and Nor Khakhim. 2019. “Upaya Meningkatkan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak Untuk Anak Usia Dini.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Yulian, Zhu. 2008. “Fuzzy Within-Class Matrix Principal Component A-Nalysis And Its Application to Face Recogntion.” Transactions of Nanjing University of Aeronautics & Astronautics 25 (2): 141–47.

Yuliatiningsih, Yuliatiningsih, Khoirul Asfiyak, and Yorita Febry Lismanda. 2019. “Penerapan Permainan Balok Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di TA Al Kautsar Kota Malang.” Jurnal Dewantara 1 (2): 127–36.

Yusuf, Munawir. 2003. “Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar.” Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Harianti, R. E. ., Hidayah, R. L. ., & Wulansari, W. . (2021). Penggunaan Permainan Untuk Menstimulus Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 560–565. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1601

Issue

Section

Articles