Mengembangkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Flash Card “Kaca Mata” (Kartu Membaca Awal Kata” Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Natasha Ratna Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hanggara Budi Utomo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Bahasa, APE, Flash Card, Anak Usia Dini

Abstract

Media dalam proses belajar-mengajar dapat meningkatkan hasil belajar anak sehingga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan anak. Media yang biasa digunakan di PAUD adalah Alat Peraga Edukatif (APE). Salah satu model pembelajaran ditaman kanak-kanak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak, yaitu melalui bermain Flash Card (kartu kata). Permainan kartu kata merupakan satu jenis permainan dimana kartu tersebut berulang kali ditunjukkan pada anak disertai bunyi bacaannya. Bila anak sudah dapat membaca satu set kartu kata, maka dilanjutkan dengan satu set yang lain dengan ukuran agak lebih kecil, demikian seterusnya hingga anak dapat membaca huruf normal. Flash Card “Kaca Mata“ yaitu suatu kartu membaca yang di kembangkan menjadi lebih  menarik yang digurnakan sebagai media pembelajaran untuk  anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan desktiptif. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan maka diharapkan media flash card kaca mata efektif untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini.

References

Delfita, & Riri. (2009). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan gambar dalam bak pasir di Taman Kanak-kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Pesona Paud, 1(5), 1-10.

Fauzi, F. (2018). Karakteristik kesulitan belajar membaca pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 95-105. https://doi.org/10.21009/pip.322.2.

Huda, K., Purmadi, A., & Iman, N. (2018). Peningkatan pengenalan kosa kata bahasa inggris pada anak melalui permainan kartu gambar. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 2(2), 91-97.

Laila, A. (2015). Kemampuan membaca permulaan pada anak TK kelompok B di gugus Sidomukti Mantrijeron Yogyakarta [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/28904/

Masitoh, dkk. (2011). Strategi pembelajaran TK. Universitas Terbuka

Sadid, A. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui media kliping koran untuk siswa paket c setara SMA. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 13(2), 135-144. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.7

Winarsih, M. (2018). Kemampuan membaca permulaan anak tunarungu usia dini. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 13(2), 83-90. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.2

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Wijaya, N. R. ., & Utomo, H. B. . (2021). Mengembangkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Flash Card “Kaca Mata” (Kartu Membaca Awal Kata” Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 691–694. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1616

Issue

Section

Articles