Kajian Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Dan Pengembangannya Menggunakan Media Belajar

Authors

  • Elsa Vania Febriyani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rosa Imani Khan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

keaksaraan awal, anak usia dini, media belajar

Abstract

Perkembangan bahasa pada AUD (Anak Usia Dini) bersifat sistematik dan berkembang seiring bertambahnya usia. Artinya, lingkungan juga memberikan pengaruh pada perkembangan bahasa anak.  Jika keadaan lingkungan disekitar anak baik serta kondusif, maka kan memberikan pengaruh yang baik pada perkembangan bahasa anak dan sebaliknya. Keaksaraan merupakan kata lain yag biasa digunakan sebagai penjelasan bahwa menulis dan membaca yang perlu dikuasi sebum anak belajar menulis dan membaca secara kompleks agar lebih mudah dalam belajar membaca dan menulis anak sebaiknya mampu menguasai keaksaraan awal terlebih dahulu. Tetapi banyak di Taman Kanak-kanak (TK) yang memiliki kesulitan untuk meningkatkan perkembangan keaksaraan awal kepada anak didiknya. Untuk meningkatkan lagi tentang keaksaraan awal pada anak usia dini guru peru menggunakan media belajar yang kreativ dan inovatif sebagai penunjang proses belajar mengajar agar anak-anak lebih tertarik belajar dan paham saat proses pembelajaran. Untuk memnumbuhkan daya pikir dan kreativitas anak pengembangan keaksaraan awal belajar lebih mudah menggunakan benda-benda konkret yang telah dikenali anak berdasarkan pengalamannya. Agar proses pembelajaran keaksaraan awal efektif, dapat dilakukan dengan menyediakan media belajar yang dapat digunakan untuk anak yakni yang sesuai dengan perkembangan serta karakteristik anak.

References

Ambar. (2018). 13 Karakteristik Media Pembelajaran. https://pakarkomunikasi.com/karakteristik-media-pembelajaran

Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di Taman Kanak-kanak Negri Pembina Yogyakarta. 5, 673–683.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TgCDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA44&dq=Media+Pembelajaran+Anak+Usia+Dini+GUSLINDA&ots=3WDPErSDiI&sig=gqn01i76M5BBkJ2ZCWFmcVVgLpA&redir_esc=y#v=onepage&q=Media Pembelajaran Anak Usia Dini GUSLINDA&f=false

Islamiati, A. (2020). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jazariyah. (2019). Papan Huruf Flannel : Media Pembelajaran Keaksaraan Awal Untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Anak, 5.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id

Khasanah, U. I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Media Bermain Pancing Pada Anak Kelompok A di RA Syaamila Kids Ngaglik Ledok Margo Mulyo Kota Salatiga Tahun Pembelajaran 2019/2020. 1–127.

Lestari, Yuli Pudji, dan M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf di TK Kusuma Putra Surabaya. 8, 1–7.

Mahmudi, A. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. 122.

Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56

Nafiqoh, H., Aprianti, E., Aprianti, E., Rohaeti, E. E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813

Nafri Yanti, Suhartono, dan R. K. (2016). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Study Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. 4(4), 72–82.

Nita Nurcahyani WS, Elizabeth Prima, P. I. L. (2016). Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok, 1(1), 48.

Nurjanah, S. E. N. I. F. Z. (2018). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Animasi. 1(1), 393–398.

Sulistyawati, E. E., & Sujarwo, S. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 28. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Febriyani, E. V. ., & Khan, R. I. . (2021). Kajian Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Dan Pengembangannya Menggunakan Media Belajar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 655–664. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1613

Issue

Section

Articles