Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Roda Pintar Untuk Perkembangan Kognitif
Keywords:
media pembelajaran edukatif, roda pintar, kognitifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan kognitif bagi anak usia dini menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk anak TK yang mengalami kesulitan belajar. Konsep dasar anak usia dini adalah belajar dan bermain. Untuk meningkatkan kecerdasan kognitif sejak usia dini maka guru perlu menciptakan suatu bentuk media yang menarik dan sesuai serta menumbuhkan kecerdasan kognitif melalui kegiatan belajar dan bermain. Salah satu bentuk media terbarukan adalah media pembelajaran edukatif “Roda Pintar” yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan adanya roda yang berisi angka serta bunga angka, yang dapat digunakan sebagai media untuk mengenal angka dan sistem pembelajaran matematika. Dengan adanya media roda pintar diharapkan siswa dapat memahami masalah dan dapat meningkatkan imajinasi dan memberikan stimulus berpikir cepat. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik yang berusia 4 s.d. 6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui trigulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan dapat memberikan perubahan minat dan perkembangan peserta didik, meningkatnya minat belajar peserta didik di bidang matematika.
References
Agung, Iskandar . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Eliyawati Cucu, Asep Heri Hermawan dan Badru Zaman. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional
Fadillah. 2011. Matematika Anak Usia Dini. Pontianak : Edukasi Press FKIP Universitas Tanjungpura
Hadiyanto. (n.d.). hadianto (7).pdf. Jakarta: Rineka Cipta. https://www.youtube.com/watch?v=TokIS_214fA
Iskandar. 2009. Penelitan Tindakan Kelas. Ciputat : Gaung Persada (GP) Press.
Ruseffendi, E.T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan.Bandung: IKIP Bandung Press.
Suryana, D. 2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 2(1), 65–72.
Suryana, D. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak.Jakarta: Prenadamedia Grup.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
Yogyakarta : PT Bintang Pustaka Abadi (BiPA).
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Prajna Paramarthasatya Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.