Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Mystery Box Untuk Perkembangan Anak Dalam Mengenal Huruf

Authors

  • Anna Kartika Wahyuningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

media pembelajaran edukatif, mystery box, mengenal huruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal huruf melalui penggunaan media pembelajaran yang akurat pada anak TK yang mengalami kendala saat proses belajarnya. Tentunya setelah adanya pandemi, banyak kendala belajar yang dialami anak. Salah satunya keterbatasan media sehingga anak belajar kurang minat. Pada umumnya, anak usia dini memiliki konsep yaitu belajar sambil bermain. Untuk menumbuhkan kemampuan mengenal huruf sejak dini perlunya guru membuat suatu media baru untuk memotivasi anak agar mau belajar sekaligus bermain mengenal huruf. Bentuk media pembelajaran dengan inovasi terbarukan “Mystery Box” yang akan meningkatkan minat belajar peserta didik, yang terdapat kotak yang berisi huruf abjad serta kartu kata. Dengan adanya media Mystery Box diharapkan peserta didik mampu mengenal huruf. Penelitian akan dilakukan pada peserta didik yang berusia 4-5 tahun. Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data dengan triangulasi data. Hasil dari penelitian, bahwa media yang diterapkan dapat mengubah minat dan perkembangan peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan dalam mengenal huruf.

References

Abdurrahman Fatoni. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta. halaman.104.

Akhmad A. 2015. Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). STMIK Duta Bangsa Surakarta. 9(1).

Belajar Melalui Bermain Mystery Box Pengembangan Kemampuan Bahasa Sosial Anak Usia Dini. (online). (https://www.academia.edu/38470229/Mystery_Box_docx). Diakses pada tanggal 28 Juni 2022.

Dwiyanti, L., & Khan, R. I. 2020. Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE. SENASTER" Seminar Nasional Riset …, 1(1), 1–8.

Dwiyanti, L, dkk. 2019. Pengembangan Permainan Smart Adventure Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas.

Kustandi, Cecep, dkk. 2013. Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 8

Rubhan Masykur, Nofrizal, Muhamad Syazali. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8(2). Hal. 179

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). 2003. Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 01. Jakarta:Sinar Grafika. 4

Wulan, Sri. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Cet ke-5. Tangerang: Universitas Terbuka

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Kartika Wahyuningrum, A. ., & Dwiyanti, L. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Mystery Box Untuk Perkembangan Anak Dalam Mengenal Huruf. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1–7. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1908

Issue

Section

Articles