Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Video Animasi

Authors

  • Yolanda Titis Sofwina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

languages, listening, speaking, animation videos

Abstract

ABSTRAK

Masa usia dini merupakan masa golden age yang memerlukan stimulasi perkembangan yang tepat. Pada masa ini segala aspek perkembangan anak berkembang sangat pesat. Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam proses perkembangan anak. Terdapat beberapa komponen dalam kemampuan bahasa anak yaitu kemampuan   menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kemampuan menyimak dan berbicara anak merupakan bagian terpenting dalam menunjang perkembangan bahasa anak, dimana memiliki keterkaitan dengan aspek kognitif, sosial maupun emosionalnya. Media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak adalah video animasi. Video animasi dapat dijadikan guru sebagai media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui video animasi anak dapat mengembangkan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini.

ABSTRACT

Early childhood is a golden age that requires proper developmental stimulation. At this time all aspects of child development develop very rapidly. Language is an important aspect in the process of child development. There are several components in children's language skills, namely the ability to listen, speak, read, and write. The ability to listen and speak in children is the most important part in supporting children's language development, which is related to cognitive, social and emotional aspects. Learning media that can help improve children's listening and speaking skills are animated videos. Animated video can be used as a teacher as a learning media that is used as a tool in achieving learning objectives. Through animated videos, children can develop their listening and speaking skills at an early age.

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Arifudin, O., & Setiawati, E. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak USia Dini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Budyawati, L. P. I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331

Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE. In SENASTER" Seminar Nasional Riset … (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–8). https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/view/2754

Educhannel.id. (n.d.). Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini.

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 258–269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71

Habibah, I., & Nafiqoh, H. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Dalam Meningkatkan. 6(2), 159–163.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hayati, T. U. F. (2020). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 8–15.

Karo Karo, I. R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813

Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER MANDIRI BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK PAUD. Jinotep, 6(1), 30–38. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11–16.

Nuzula Apriliyana, F. (2020). Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109–118. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14594

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran: kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaranbagi Anak Sekolah Dasar. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Reza, M. (2023). 5 Tipe Jenis-Jenis Menyimak. Mandandi.com

Rosmawati, Khosiah, S., & Fahmi. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Selama Belajar Dari Rumah Di Paud Kota Serang - Banten. 9, 41–48.

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru. 2(1), 229–234.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Titis Sofwina, Y. ., & Dwiyanti, L. . (2023). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Video Animasi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 722–734. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3698

Issue

Section

Articles