Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Pohon Bahasa (KARPOSA) Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Winda Arifah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ridwan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Perkembangan bahasa, Kartu Kata, Kartu Huruf

Abstract

Salah satu aspek yang harus di kembangkan dalam diri anak usia dini adalah aspek bahasa. Semua manusia akan meenggunakan bahasa dalam kehidupannya untuk berhubungan atau berbincang – bincang dengan manusia lainnya, baik manusia dewasa maupun anak - anak. pada lingkup pendidikan, banyak guru yang mewajibkan anak untuk mampu paham mengenai berbagai macam huruf, angka, tanda, serta simbol. Maka dari itu pemahaman huruf, tanda maupun simbol yang diajarkan pada anak sejak dini dapat meningkatkan satu kemampuan anak sebagai bekal pada saat anak memasuki pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi. Berbagai model, metode, media dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan perkembangan bahasa dalam mengenal huruf. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media kartu pohon bahasa (KARPOSA). Kartu Pohon Bahasa merupakan media yang terdiri dari kartu kata bergambar yang dapat mengingatkan anak tentang sesuatu yang dipelajari serta kartu huruf yang bertuliskan berbagai macam huruf abjad. Dengan menggunakan media ini diharapkan anak dapat mengenal berbagai macam huruf serta mengetahui macam – macam huruf penyusun dari sebuah kata yang ada pada kartu kata bergambar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti media kartu huruf untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini.

References

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Salma, F. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. JAPRA : Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2).

Halimatonsakdiah, Fakhriah, & Yuhasriati. (2016). Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung Dengan APE Flashcard di TK Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 115–122.

Mila Karmila, P. (2019). Pembelajaran Bahasa Untuk Anak Usia Dini (Lontar Media (ed.); Muhtarom). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 01(01), 51–56.

Permendikbud No 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Effect Of Using Sandpaper Letter For Children’s Ability In Alphabet Knowlwdge In The Kindergarten. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 06(01).

Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak - Kanak AL-Kautsar Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Safitri, W. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia 4 Tahun di PAUD Baitusshibyaan Srumbung Kecamatan Bergas Kbupaten Semarang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal Of Elementary Education, 4(01), 100–106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE%0ALOGO

Sheila septiana rahayuningsih, Tritjajo danay sosilo, M. kurniawan. (2019). Improving The Ability Of Letters Recognizing By Children Aged 5 To 6 Years Old Through Playing Method With A “Smart Box” Media. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18.

Siti Muyasaroh, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. PAUD Teratai, 06(03).

Sri Astuti. (2015). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di TK Intan Komara Kelompok B. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Wahyuningtyas, P. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini di Tempat Penitipan Anak Beringharjo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Waraningsih, T. L. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Arifah, S. W. ., & Ridwan, R. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Pohon Bahasa (KARPOSA) Pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 89–95. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1431

Issue

Section

Articles