Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMKN 1 Ngasem

Authors

  • Sukariyah Utaminingsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sujarwoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Waryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Ekposisi, Media Pembelajaran, Permainan Kartu Kata

Abstract

Teks eksposisi merupakan materi pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013. Namun, banyak siswa yang kesulitan belajar pada materi ini sehingga menyebabkan kesulitan mengembangkan ide cerita. Hal ini diakibatkan keterbatasan penggunaan media dalam pembelajaran. Penelitian ini memilih media permainan kartu kata. Oleh karena itu, pengaruh  permainan kartu kata terhadap kemampuan kerempilan menulis teks pada kelas X perlu diteliti. Metode Pengumpulan data kuantitatif yaitu dengan cara menggunakan instrumen tes dan observasi. Langkah berikutnya adalah menganalisis dengan tujuan menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan, pengetahuan dan kemampuan menulis teks eksposisi masih rendah. Kualitas pembelajaran menulis teks eskposisi meningkat dengan menggunakan media kartu kata. Hal ini terlihat dari skor rata-rata menulis teks eskposisi sebelum diberi tindakan adalah 63,5 untuk kelas eksperimen dan 61,8 untuk kelas kontrol, setelah diberi tindakan skor rata-rata menjadi 75,3 untuk kelas eksperimen dan 61,1 untuk kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 11,08 poin. Dapat dibuktikan bahwa siswa kelas X APH-SMKN 1 Ngasem tellah mengalami peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan media kartu kata.

References

Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Tarigan, Henny Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Saragih, Hotmamaulir. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Contoh dan Bukan Contoh dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Swasta Tritunggal Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Universitas Negeri Medan.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grasindo Perkasa.

Sudaryono. Dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

A Murni Yusuf. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Preradamedia Group.

Endah Tri Priyatni, M. Thamrin, Hadiwardoyo. Kurikulum 2013: Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Utaminingsih, S. ., Sujarwoko, S., & Waryanti, E. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMKN 1 Ngasem. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 786–800. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2016

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)