Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Berbasis Online Pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Among Karlina Ayu Anggraini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sujarwoko Sujarwoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Subardi Agan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Keterampilan Menulis, Media Audio Visual, Teks Anekdot

Abstract

Keterampilan menulis sebagai keterampilan yang produktif dan ekspresif dianggap sebagai keterampilan yang membutuhkan perhatian lebih daripada keterampilan lainnya. Kurangnya pengetahuan tentang menulis siswa mengakibatkan siswa kurang terampil dalam menulis dan malas menuangkan gagasan mereka ke dalam sebuah tulisan. Di masa pandemi covid-19 saat ini, usaha yang bisa dilakukan untuk mengurangi hambatan tersebut dengan menerapkan media pembelajaran saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Media audio visual dinilai dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karena terdapat suara dan gambar yang dapat dilihat siswa sehingga materi yang disampaikan akan lebih cepat diterima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes menulis teks anekdot. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al Huda Kediri. Teknik analisi data yang dipakai adalah statistik inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh kelas yang mendapat perlakuan media audio visual berupa video stand up comedy mengalami peningkatan nilai tes. Artinya, media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa.. hal ini didasari penghitungan t-tes dan t hitung adalah hasil thitung > ttabel yaitu 8,487 > 1,671 pada taraf 5% (0,05) sehingga signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru bahasa Indonesia dapat memanfaatkan media pembelajaran terlebih di masa pandemi saat ini dan lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Menentukan media yang tepat tentu dapat memberikan dampak positif meningkatkan antusiasme siswa dan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah media audio visual yang dinilai tepat dengan materi pelajaran, yaitu menulis teks anekdot.

Author Biography

Among Karlina Ayu Anggraini, Universitas Nusantara PGRI Kediri

  

References

Adawi, R. (2016). Pembelajaran Berbasis E-Learning. Skripsi. Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/541.

Arikunto, Suharsimi. (2014). prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). KBBI Online.

Komaidi, D. (2007). Aku bisa menulis: panduan praktis menulis kreatif lengkap. Yogyakarta: Sabda Media.

Kosasih, E. (2016). Jenis-Jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Mayora, S. R. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 192–200.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Papana, R. (2016). Stand Up Comedy Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Putri, Ika Yuliana, R. D. G. A. (2020). PR: Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA. Jakarta: Intan Pariwara.

Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rifjiana, P. M. (2015). Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot Berbentuk Dialog Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Media Audiovisual Pada Siswa X Tipk 2 Di SMK Negeri 10 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rosenberg, A. L., Dechert, R. E., Park, P. K., Bartlett, R. H., & Network, N. I. H. N. A. (2009). Review of a large clinical series: association of cumulative fluid balance on outcome in acute lung injury: a retrospective review of the ARDSnet tidal volume study cohort. Journal of Intensive Care Medicine, 24(1), 35–46.

Stand Up Kompas TV. (2020). 24 Mei. Anggota DPR Sudah Gila Sejak Awal-SUCI 4. Youtube. (https://www.youtube.com/watch?v=dcFDe7JDe9I).

Sufanti, M. (2010). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherli, D. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta: Balitbang, Kemdikbud.

Tarigan, G. H. (2013). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Anggraini, A. K. A., Sujarwoko, S., & Agan, S. . (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Berbasis Online Pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 319–326. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1533

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)