Tindak Tutur Ilokusi pada Percakapan Whatsapp Mahasiswa PBSI Angkatan 2018 UNP Kediri

Authors

  • Lailatul Kaderiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lailatul Kaderiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sempu Dwi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Subardi Agan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

ilokusi, whatsapp

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media sosial di kalangan masyarakat yang semakin menjamur. Salah satu media perpesanan yang paling banyak diminati saat ini adalah WhatsApp. Peneliti melakukan investigasi tindak tutur ilokusi dalam percakapan WhatsApp mahasiswa angkatan 2018 Universitas Nusantara PGRI Kediri Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja bentuk-bentuk tindak tutur ilokusi yang ada dalam percakapan siswa di grup aplikasi PBSI WhatsApp 2018. (2) Apa makna tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam percakapan Mahasiswa di Grup Aplikasi WhatsApp PBSI 2018? Penelitian ini mengikuti pendekatan pragmatis, objek penelitiannya adalah percakapan WhatsApp siswa dalam pedagogi bahasa dan sastra Indonesia. Pragmatik adalah cabang linguistik yang mengkaji makna yang disampaikan oleh penutur atau penulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Bentuk tindak tutur ilokusi yang ada, yaitu tindak tutur asertif, tuturan tindak tutur direktif, tindak tutur komisi, tindak tutur ekspresif, dan tindak tutur deklaratif. (2) Makna Tindak Ilokusi, yaitu bermakna memberitahu, mengeluh, bertanya, meminta, mengusulkan, mendorong, larangan, memerintah, memperingatkan, mengajak, menawarkan, menyatakan kesanggupan, sedih, cemas, dan pengambilan keputusan.

References

Chaer Abdul, Agustina Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Citra, S. 2018. 5 Alasan Kenpa Orang Indonesia, Mungkin Juga Seluruh Indonesia Jatuh Cinta Pada Whtsapp Dibanding Media Chat Lainnya. Diakses dari https://www.hipwee.com/opini/5-alasan-kenapa-orang-indonesia-mungkin-juga-seluruh-dunia-jatuh-cinta-pada-whatsapp-dibanding-media-chat-lainnya/

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, tersedia: http://booksc.org, diunduh 24 Oktober 2020.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisani. 2017. Pemanfataan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. Volume 6 (3).

Yule, George. 2006. Pragmatik. Terjemahan Indah Fajar Wahyuni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Kaderiyah, L., Kaderiyah, L., Dwi Sasongko, S., & Agan, S. . (2022). Tindak Tutur Ilokusi pada Percakapan Whatsapp Mahasiswa PBSI Angkatan 2018 UNP Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 203–211. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1934

Issue

Section

Articles