Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Berbasis Qr Code Untuk Materi Organ Peredaran Darah Dan Fungsinya Pada Hewan Dan Manusia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Rika Vebriyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

bahan ajar, leaflet, qr code

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran kelas V SD Tempurejo 1 Kota Kediri di masa pandemi Covid – 19 di masih monoton. Terlihat dari proses pembelajaran daring hanya menerima dan mengirim tugas melalui  WhatsApp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, efektifitas, dan kepraktisan Leaflet berbasis QR Code. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borgh and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 33 siswa kelas V SDN Tempurejo 1 Kota Kediri. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar Leaflet berbasis QR Code sebagai berikut: 1)  leaflet dinyatakan valid dengan presentase nilai konstruksi sebesar 97%, validitas materi 93%, dan validitas soal evaluasi 88%; 2) leaflet dinyatakan efektif dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 68%; 3) leaflet dinyatakan praktis dengan presentase nilai sebesar 91%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Leaflet berbasis QR Code pada materi organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas V SD.

References

Aziz, Hasbi. 2019. Makalah Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pengertian, Jenis-Jenis, dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak (Brosur, Leaflet, Flyer, Poster, Wallchart). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Padang. https://www.academia.edu/40697336/Pengembangan_Bahan_AjarCetak_Pengertian_Jenis_jenis_dan_Karakteristik_.

Habibi Roni, N. Fahri, dan FS. Damayanti. 2020. Penggunaan Framework Laravel untuk Membuat Aplikasi Absensi Terintegrasi Mobile. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yudhanto, Yudho dan A.Aziz. 2019. Pengantar Teknologi Internet Of Thing (IoT). Surakarta: Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Zunaidah, Farida Nurlaila, dan Mohamad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1).https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368/.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Vebriyanti, R. ., Mujiwati, E. S. ., & Sahari, S. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Berbasis Qr Code Untuk Materi Organ Peredaran Darah Dan Fungsinya Pada Hewan Dan Manusia Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 566–577. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1602

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)