Pengembangan Media Visual Pohon Faktor Untuk Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dari Dua Bilangan Siswa Kelas IV SDN Gayam 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Jian Fitri Aprilia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Visual Pohon Faktor, Materi KPK dan FPB

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Gayam 3 ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi KPK dan FPB belum maksimal. Hal ini disebabkan guru belum menemukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi KPK dan FPB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media serta respon guru terhadap media visual pohon faktor. Model pengembangan Borg and Gall yang akan digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk mengumpulkan data validitas media, validitas materi dan respon guru terhadap media visual pohon faktor. Hasil dari penelitian pengembangan media visual pohon faktor adalah sebagai berikut: (1) Media visual pohon faktor dinyatakan valid dan tidak perlu revisi dengan hasil persentase sebesar 95%, (2) Materi KPK dan FPB dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan persentase sebesar 90%, dan (3) Respon guru terhadap media dinyatakan baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan mendapatkan persentase sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa media visual pohon faktor valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB.

References

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: Referensi.

Primasatya, N., & Mukmin, B. A. (2020). Validitas multimedia interaktif K13 pada materi pecahan sebagai inovasi pembelajaran tematik bagi siswa Kelas IV. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 6(1), 84-93.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salim, Yulius. 2013. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Widyatamma Pressido.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Zunaidah, Farida Nurlaila dan Mohamad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, Diunduh 24 Juni 2021.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Aprilia, J. F. ., Mujiwati, E. S. ., & Primasatya, N. . (2021). Pengembangan Media Visual Pohon Faktor Untuk Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dari Dua Bilangan Siswa Kelas IV SDN Gayam 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 198–206. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1506

Issue

Section

Articles