Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Pada Materi Macam-Macam Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Melli Puspitasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pocket Book, macam-macam sumber energi, pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Gayam 3 ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadapa materi macam-macam sumber energi belum maksimal, karena guru belum menemukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi macam-macam sumber energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, materi, respon guru dan siswa terhadap media Pocket Book. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket digunakan untuk mengumpulkan data validitas media, materi, respon guru serta siswa terhadap media Pocket Book. Hasil dari penelitian pengembangan media Pocket Book  adalah sebagai berikut: (1) Media Pocket Book dinyatakan valid dan tidak perlu revisi dengan hasil presentase 80%. (2) Materi macam-macam sumber energi dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan presentase 86%. (3) Respon guru dan siswa terhadap media dinyatakan baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Respon guru mendapat presentase 100% dan respon siswa mendapat presentase 94%. Dapat disimpulkan bahwa media Pocket Book valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi macam-macam sumber energi.

References

Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Ataniyah, Siti. 2020. Media Pop Up Book Untuk Pemahaman Hubungan Simbol Pada Lambang Negara Dengan Sila-Sila Pancasila. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Neolaka, Amos dan Amialia, Grace. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Primasatya, N. dkk. 2018. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. JURNAL ABDINUS Vol 1 No 2, 96-106. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM.

Soedijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional.

Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Puspitasari, M. ., Primasatya, N. ., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Pada Materi Macam-Macam Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 550–559. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1599

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)