Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah Kontekstual Dan Kemampuan Metakognisi

Authors

  • Ade Sukma Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

LKS, masalah kontekstual, metakognisi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu sekolah dasar diketahui bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) kurang menarik dikarenakan LKS yang digunakan tidak berwarna, sedikit gambar, dan komponen yang ada di dalamnya masih kurang. Kemudian, permasalahan lain yaitu siswa kesulitan dalam memahami contoh latian soal yang kurang terstruktur dan kurang kontekstual atau tidak sesuai dengan kehidupan sehari – hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah kontekstual dan kemampuan metakognisi. Masalah kontekstual adalah masalah yang dikaitkan dengan dunia nyata atau sesuai dengan kehidupan – sehari siswa. Kemampuan metakognisi adalah kesadaran siswa dalam memecahkan masalah sendiri sesuai dan mengevaluasi letak kesalahan penyelesaian yang terdapat pada kesalah konsepnya. Tahapan dari metakognisi yaitu planning, monitoring, dan evaluating. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah kontekstual dan kemampuan metakognisi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aini, Qurrotul. 2018. Profil Metakognisi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 3(2), 196-210.

Aka, KA. & Mukmin, BA. 2020. Worksheet Performance Evaluation Oriented Scientific Approach. Jurnal of Educational. 8 (6): 2270-2275.

Amir, MF. dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekoalh Dasar. Journal of Medifes. Vol 2(1), 117 – 128.

Awe, Elisabeth. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Subtema Bermain di Lingkungan Sekolah Untuk Siwa Kelas Dua (II). Disertasi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

Dasopang, MD. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol 3(2), 333-352.

Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Khalaliyah, Rizki. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Sloving Untuk Meningkatkan Berpikiran Kritis Siswa Pada Materi Alat Optik. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Semarang: FMIPA UNS.

Laurens, Theresia. 2010. Penjenjangan Metakognisi Siswa yang Valid dan Reliabilitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 17(2), 201-213.

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nerating, Yuma Tupu Dira. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasi STEM dalam Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Jember: FKIP Universitas Jember.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Kurnia, A. S. ., Aka, K. A. ., & Wahyudi, W. (2021). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah Kontekstual Dan Kemampuan Metakognisi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 384–393. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1573

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)