Efektivitas Client Centered Guna Meningkatkan Self Awareness Siswa Kelas X SMK Pgri 2 Kediri

Authors

  • Putri Qori’ah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Risaniatin Ningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Self Awareness, Client Centered

Abstract

Pembelajaran daring dimasa pandemi covid 19 adalah salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasai masalah pendidikan di Indonesia saat ini. Namun hal ini ternyata menimbulkan beberapa masalah yaitu kurangnya kesadaran diri atau Self Awareness pada siswa Kelas X SMK PGRI 2 Kediri. Dampak dari kurangnya kesadaran diri pada siswa adalah kurangnya semangat siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru dan sering tidak mengikuti kegiatan belajar. Upaya guru BK dalam mengatasi masalah tersebut dengan memberikan layanan konseling individu secara daring. Dalam konseling individu guru BK menggunakan pendekatan Client Centered pada siswa yang memiliki rendahnya kesadaran diri. Client Centered  adalah pendekatan yang berfokus penyelesaiannya pada individu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menangani rendahnya kesadaran diri pada siswa Kelas X SMK PGRI 2 Kediri. Self Awareness adalah individu yang mampu mengenali dirinya sendiri dan mampu mengendalikan dirinya sendiri serta mempunyai tujuan yang akan dicapainnya dimasa yang akan datang.

References

Agoes Dariyo. 2016. Peran Self-Awareness Dan Ego Support Terhadap Kepuasan Hidup Remaja Tionghoa Psikodimensia Volume 15 / 2 edisi Juli - Desember 2016 ( 254-274 ) p ISSN : 1411 – 6073. Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta. (Online). ( http://103.243.177.137/index.php/psi/article/viewFile/991/660 ) diakses pada tanggal 22 Maret 2021.

Alfiandy Warih Handoyo, Evi Afiati , Deasy Yunika Khairun , Arga Satrio Prabowo. 2020. Prokrastinasi Mahasiswa Selama Masa Pembelajaran Daring Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 3, No.1, 2020, hal. 355-361 p-ISSN 2620-9047, e- ISSN 2620-9071. Serang : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. (Online). ( https://docplayer.info/201291130-Prokrastinasi-mahasiswa-selama- masa-pembelajaran-daring.html ) diakses pada tanggal 16 Maret 2021.

Diza Rahma Azzahra1 , Rizna Nur Septyanti2 , Wiwin Yuliani3. 2019. Pengaruh Clien-Centered Therapy Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Vol. 2, No. 1, Januari 2019. Cimahi : IKIP Siliwangi. (Online). diakses pada tanggal 15 April 2021.

Fais Nur Aini. 2021. Implementasi Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Seorang Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. (Online).(http://digilib.uinsby.ac.id) diakses pada tanggal 25 Maret 2021.

Goleman. (1996). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hani Kharirunnisa. 2017. Self Esteem, Self Awareness Dan Perilaku Asertif Pada Remaja. (Online). ( http://eprints.umm.ac.id/43485/1/jiptummpp-gdl- hanikhairu-46918-1-hanikha-a.pdf) diakses pada tanggal 13 April 2021.

Maristela Oparekhe Hilapok. 2017. Self Awareness Dan Implikasinya Pada Usulan Topik Program Pengembangan Diri. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (Online). ( https://repository.usd.ac.id/9225/1/131114055_full.pdf ) diakses pada tanggal 14 April 2021.

Nuri, L. 2013. Self Awareness: Langkah Awal Menuju Adaptasi Emosi Dalam (Online). ( http://chandrasuhardiman.blog.binusian.org/2012/11/26/self- awareness-langkah-awal-menuju-adaptasi-emosi/ ) Organization, I. L.O. (1989). diakses pada tanggal 13April 2021.

Sayekti. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Yogyakarta : Menara Mas Offset

Singadimedja, H. 2007. Hubungan Antar Makna Kerja Dan Manajemen Diri Pada Pekerja Putus Hubungan Kerja Karena Pailit. Skripsi tidak diterbitkan. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Solso, L.R., Maclin, H.O., & Maclin, K.M. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA BANDUNG.

Satria Rifqi Putra Pradana. 2017. Hubungan Self Awareness Terhadap Safety Behavior Ditinjau Dari Masa Kerja Yang Berbeda Pada Karyawan Cv. Prima Utama Di Temanggung. Semarang : Universitas Negeri Semarang.(Online). diaksespada tanggal 13April 2021.

Tri Pepin Riana. 2020. Pelaksanaan Client Centered Therapy Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Korban Kekerasan Keluarga Di Lembaga Perlindungan Anak (Lpa) Provinsi Lampung. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (Online). ( http://repository.radenintan.ac.id/9754/1/SKRIPSI%202.pdf ) diakses pada tanggal 15 April 2021.

Umi Mahmudah. 2019. Efektivitas Pemberian Layanan Konseling Individu Dengan Menggunakan Pendekatan Person Centered Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas X SMK HIDAYATUS SHOLIHIN Tahun Pelajaran 2018/2019 . Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Wahyu Aji Fatma Dewi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071. Semarang : Universitas Kristen Satya Wacana. (Online). ( https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf ) diakses pada tanggal 16 Maret 2021.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Qori’ah, P. ., & Ningsih, R. . (2021). Efektivitas Client Centered Guna Meningkatkan Self Awareness Siswa Kelas X SMK Pgri 2 Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 883–894. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3611

Issue

Section

Articles