Self Awareness: Suatu Kecakapan Yang Harus Dikuasai Dalam Pengambilan Keputusan Karier

Authors

  • Laelatul Arofah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Setya Adi Sancaya Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

self awareness, keputusan karier

Abstract

Individu yang unggul adalah individu yang mampu memahami setiap kelebihan dan kelemahan yang ada di dalam dirinya. Bentuk pemahaman terhadap diri sendiri dikatakan sebagai self awareness. Inidvidu yang memiliki self awareness tinggi akan mampu melihat setiap kelebihan, kelemahan, nilai maupun motivasi di dalam dirinya. Dengan pemahaman tersebut individu akan semakin yakin dalam mengambil setiap keputusan di dalam kehidupannya. Salah satu keputusan yang harus diambil individu sebagai siswa adalah menentukan kariernya di masa depan. Pengambilan keputusan karier merupakan langkah awal siswa dalam menata kehidupannya. Siswa yang mampu melihat setiap potensi yang ada pada dirinya akan lebih mudah dalam menentukan kariernya, sehingga diharapkan dengan kecapakan tersebut siswa akan sukses dimasa mendatang.

References

Carden, J., Jones, R.J., & Passore, J. 2022. Defining Self-Awareness in the Context of Adult Development: A Systematic Literature Review. Journal of Management Education, Vol. 46(1) 140–177.

Creed, P. A., Wong, O. Y., & Hood, M. 2009. Career decision-making, career barriers and occupational aspirations in chinese adolescents. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 9(3), 189-203

Flurentin, E. 2012. Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang.

Goleman, D. 2007. Emotional Question. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jabar, A.A., dkk. 2019. Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 2 (1): 35-45.

Kreibich, A., Hennecke, M. & Brandstatter, V. 2020. The Effect of Self-awareness on the Identification of Goal-related Obstacles. European Journal of Personality, Eur. J. Pers, 34: 215–233.

Leary, M. R. & Buttermore, N. R. 2003. The Evolution of the Human Self: Tracing the Natural History of Self-Awareness. Journal for the Theory of Social Behavior, 33 (4): 365-404.

Peterson, G.W., dkk. 2002. A Cognitive Information Processing Approach to Career Problem Solving and Decision Making (D. Brown & Associates, Ed.). San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Pompeo, A.M. & Levitt, D.H. 2014. A Path of Counselor Self-Awareness. Journal Counseling and Values, 59: 80-94

Super, D. E., 1990. A Life-span, Life-space Approach to Career Development. San Francisco: Jossey-Bass.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Arofah, L. ., & Sancaya, S. A. . (2022). Self Awareness: Suatu Kecakapan Yang Harus Dikuasai Dalam Pengambilan Keputusan Karier. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 907–914. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2412

Issue

Section

Articles