Pohon Karier Sebuah Inovasi Media BK Pohon Karir Dalam Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Di MTs Darul Hikmah Ngancar-Kediri

Authors

  • Alex Iskandar Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Laelatul Arofah Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pengembangan, pohon karir, study lanjut

Abstract

Dalam era pembangunan perlu adanya perhatian khusus akan kualitas tenaga kerja. Sumber daya manusia ini harus dikembangkan untuk menjadi sarana pembangunan sebagai pemikir, perencana, penggerak, pelaksana, dan pendukung pembangunan, apalagi dimusim pandemi saat ini banyak pengaruh pada karir siswa di MTs Darul Hikmah banyak siswa yang tidak melanjutkan study lanjut atau siswa banyak yang bekerja dan menikah dibawah umur. Hal tersebut terjadi karena faktor ekonomi, tingkat SDM masyarakat sekitar, dan tuntutan kerja maupun menikah di usia dini. Selain itu banyak pandangan dari orang tua yang melihat anaknya sudah berbakat kerja khususnya siswa laki-laki, maka orang tua langsung menyuruh anaknya untuk bekerja tanpa memikirkan resiko dijangka Panjang Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya (research and development) penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan (R&D) ini mengacu pada desain pendidikan yang berkembang, karena dianggap lebih mudah untuk diikuti. Proses pengembangan media dilakukan uji validasi, uji coba media, serta uji coba pemakaian. Pohon Karir digunakan sebagai media BK yang di validasi para ahli terlebih dahulu sebelum diujicobakan kepada peserta didik kelas IX MTs Darul Hikmah.

References

Irawan, F. 2015. Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Melalui Weblog. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi 5. Terjemah: Istiwidayati, Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Winkel, W.S. 1997. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.

Monsk, F.J.- A.M.P. Knoers, Siti Rahayu Haditono. 2006. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Diposting oleh wahyu purwadi di 19.30 http://wahyu-purwadi.blogspot.com/2014/02/penelitian-pengembangan-r-d.html#:~:text=Penelitian%20Pendidikan%20dan%20pengembangan%20(R,mengembangkan%20dan%20memvalidasi%20produk%20pendidikan.&text=Dalam%20program%20yang%20lebih%20ketat,produk%20tersebutmemenuhi%20tujuan%20perilaku%20didefinisikan. Disalin pada tanggal 2 Juli 2021.

Sugiyono, metode penelitian dan pengembangan (Research and Deveopent R&D), Bandung, 2016, H. 30

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Iskandar, A. ., & Arofah, L. . (2021). Pohon Karier Sebuah Inovasi Media BK Pohon Karir Dalam Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Di MTs Darul Hikmah Ngancar-Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 695–707. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1617

Issue

Section

Articles