Permainan Truth or Dare (Tod): Sebuah Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karier Siswa SMK

Authors

  • Novita Dewi Aji Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nora Yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

percayaan diri, kartu truth or dare

Abstract

Dewasa ini metode pembelajaran berkembang pesat, guru dapat memodifikasi cara pembelajaran siswa yang terasa kuno dan monoton sehingga dapat lebih menarik minat belajar siswa, salah satunya dengan metode pembelajaran melalui permainan, seperti pengembangan yang sedang dilakukan oleh peneliti yaitu pengembangan media permainan kartu  Truth Or Dare (TOD) sebagai media pembelajaran bimbingan konseling, dengan mengangkat permasalahan kurangnya kepercayaan diri siswa terhadap pemilihan karir diharapkan pengembangan ini dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri untuk pemilihan karir masa depannya, pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dengan mengkolaborasikan model pengembangan ADDIE yang cocok digunakan untuk pengembangan produk. Data kualitatif diperoleh dari kuesioner, wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui skala penilaian tim uji ahli. Uji coba dilakukan oleh siswa kelas 12 dan guru BK SMK. Proses pengembangan produk yang dilakukan oleh peneliti disesuaikan dengan saran dan masukan dari tim uji ahli. Sehingga mengahasilkan permainan kartu truth and dare yang cocok dan sesuai untuk membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri dalam pemilihan karir siswa.

References

Saputro, N. D., & Suseno, M. N. (2010). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Employability pada Mahasiswa. Psikohumanika, 3, 1–9. http://setiabudi.ac.id/jurnalpsikologi/images/files/jurnal 2(3).

Widyastuti, Retno Juli (2013). Pengaruh self-efficacy dan dukungan sosial keluargaterhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK UNESA,3(1), 231–238.

Thalib, A. S. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Konseling Permainan Monopoli Truth And Dare Untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Peserta Didik. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application and Development, 1, 21–32.

Ningsih, M. W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TRUTH AND DARE UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 1 BALONGBENDO.

AZMI SEPTIANI THALIB. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KONSELING PERMAINAN MONOPOLI TRUTH AND DARE UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 MAKASSAR. Journal of Chemical Information and Modeling. Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice Vol. 6 No.6, 150-154.

Abdullah Sani, Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara Chang, Richard Y; Kelly, P.Keith. (2000). Langkah-langkah Pemecahan Masalah.

Docktor,J., & Heller, K. (2009).Robust assessment instrument forstudent problem solving. In Proceedings of the NARST 2009 Annual Meeting, Garden Grove, CA.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Hamzah B Uno dan Satria Koni, 2012. Assessment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Greenatein, L. (2005). Classroom assessment: Teacher’s knowledge and practice. Unpublished doctoral dissertation,Jhonson and Wales University.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Aji, N. D. ., & Setyaputri, N. Y. (2021). Permainan Truth or Dare (Tod): Sebuah Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karier Siswa SMK. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 909–915. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3697

Issue

Section

Articles