Penguatan Motivasi Belajar Peserta Didik yang Baik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
Keywords:
motivasi, belajar, bimbingan kelompokAbstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi belajar dan hasil belajar. Kuat dan lemahnya motivasi seseorang tentu berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa factor, seperti kondisi siswa, kondisi lingkungan dan upaya guru menggunakan metode pembelajaran. Kajian konseptual ini bertujuan untuk memaparkan konektisitas layanan bimbingna kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Layanan bimbingan kelompok dipilih karena diasumsikan bahwa unsur dinamika kelompok yang terdapat dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Abin Syamsudin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Prayitno. (2013). Konseling Integritas. Padang: UNP Press.
Sardiman, AM.1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mochamad Irfan, Nora Yuniar Setyaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.