Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Local Wisdom melalui Cinema Edukasi

Authors

  • Danastya Nurdwi Sukmadeva Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nora yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

rasa peduli, budaya lokal, cinema edukasi

Abstract

Kajian konseptual ini disusun dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa mengenai perkembangan teknologi yang memiliki sisi positif dan juga sisi negatif. Bahasan ini memaparkan pula keterkaitan antara perkembangan zaman dalam hal teknologi dengan kemunduran rasa peduli terhadap budaya yang dimiliki oleh siswa. Maka, layanan BK di sekolah dengan menyisipkan nilai-nilai budaya lokal dalam teknik cinema edukasi diharapkan dapat memberikan wawasan pada siswa agar mampu untuk mengimbangi perkembangan teknologi dengan budaya setempat. Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan suatu kebudayaan salah satunya melalui cinema edukasi yang dikemas dalam bentuk vidio ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa menyerap nilai-nilai budaya lokal yang ada didalamnya. Nilai-nilai budaya lokal yang dibawakan dalam cinema edukasi pastinya dikaitkan dengan indikator rasa peduli. Selain itu diharapkan siswa mampu merasakan atmosfer kolaborasi antara teknologi dan budaya yang harus terus dilestarikan

References

Anto, P., Anita, T. (2019). Tembang Macapat Sebagai Penunjang Pendidikan Karakter. DEIKSIS, Vol 11 (1): 77-85

Ayuningtyas, P., Setyaputri. N.Y. 2021. Golek Kencana Mobile Phone Based Game (Inovasi Media BK Berbasis Nilai Luhur Panji Asmara Bangun). Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang.

Kolidah, N.R.J. (2019). Eksistensi Budaya Lokal Sebagai Penguat Nasionalisme The Existence Of A Local Culture As Strengthener Nationalism. LP4MP Universitas Islam Majapahit.

Lestari, S.(2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia. Vol 2 (2).

Ngafifi, Muhamad. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Prespektif Sosial Budaya. Jurnal Pengembangan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi, Vol 2 (1).

Ruslan, Idrus. (2015). Penguatan Ketahanan Budaya Dalam Menghadapi Dersnya Arus Budaya Asing. Jurnal TAPIs, Vol 11 (1).

Rahmi, A., Prastowo, A. N. B., Biwono, D. C. C., Puspitasari, R. H. (2021). Kepedulian Mahasiswa Terhadap Pelestarian Budaya Indonesia di Masa Pandemi. Jural Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 1 (11): 8-14.

Sya’ban, M.F. (2014). Kepedulian Lingkungan Dengan Pembelajaran IPA Terintegritas Kearifan Lokal. QUANTUM Jurnal inovasi Pendidikan Sains. Vol 5 (2): 82-86.

Yulianti, D., Khanafiyah, S. (2012). Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (1): 35-42.

Downloads

Published

2022-08-07

How to Cite

Sukmadeva, D. N. ., & Setyaputri, N. yuniar. (2022). Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Local Wisdom melalui Cinema Edukasi . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1117–1122. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2441

Issue

Section

Articles