Media Monopoli Interaktif: Sebuah Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa

Authors

  • Reyla Ochtafia Isnaini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Vivi Ratnawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nora Yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

media monopoli, perilaku disiplin

Abstract

Melalui penggunaan media monopoli interaktif diharapkan dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa yang sangat berguna untuk perkembangannya. Perilaku disiplin merupakan sebuah perilaku yang dilakukan oleh siswa dengan berdasarkan ketaatan menjalankan tatatertib dan tidak melakukan pelanggaran didalamnya. Faktor-faktor pendorong dari perilaku disiplin ialah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Selain itu terdapat empat indikator dalam perilaku disiplin, yaitu: 1) Pengetahuan, maksudnya sejauh mana seseorang mengetahui dan memahami perbuatan yang seharusnya dilakukan sehingga dikatakan berdisiplin dan mana yang perbuatan yang tidak berdisiplin. 2) Kesadaran moral (moral conciouness). 3) Pengendalian diri (control). 4) Kehendak dan kebebasan untuk memilih perbuatan. Perilaku disiplin juga memiliki beberapa fungsi, yaitu menata kehidupan bersama, membangun kepribadian, melatih kepribadian, pemaksaan, hukuman dan mencipta lingkungan kondusif. Sedangkan media monopoli yang digunakan seperti monopoli pada umumnya yang dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat terwujud tujuan yang diharapkan.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: PT Kanisius.

Nursalim, M. 2018. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, Tulus. 2020. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Isnaini, R. O. ., Ratnawati, V. ., & Setyaputri, N. Y. . (2021). Media Monopoli Interaktif: Sebuah Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 801–805. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1633

Issue

Section

Articles