Media Monopoli Interaktif: Sebuah Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa
Keywords:
media monopoli, perilaku disiplinAbstract
Melalui penggunaan media monopoli interaktif diharapkan dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa yang sangat berguna untuk perkembangannya. Perilaku disiplin merupakan sebuah perilaku yang dilakukan oleh siswa dengan berdasarkan ketaatan menjalankan tatatertib dan tidak melakukan pelanggaran didalamnya. Faktor-faktor pendorong dari perilaku disiplin ialah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Selain itu terdapat empat indikator dalam perilaku disiplin, yaitu: 1) Pengetahuan, maksudnya sejauh mana seseorang mengetahui dan memahami perbuatan yang seharusnya dilakukan sehingga dikatakan berdisiplin dan mana yang perbuatan yang tidak berdisiplin. 2) Kesadaran moral (moral conciouness). 3) Pengendalian diri (control). 4) Kehendak dan kebebasan untuk memilih perbuatan. Perilaku disiplin juga memiliki beberapa fungsi, yaitu menata kehidupan bersama, membangun kepribadian, melatih kepribadian, pemaksaan, hukuman dan mencipta lingkungan kondusif. Sedangkan media monopoli yang digunakan seperti monopoli pada umumnya yang dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat terwujud tujuan yang diharapkan.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: PT Kanisius.
Nursalim, M. 2018. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Romlah, T. 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, Tulus. 2020. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Reyla Ochtafia Isnaini, Vivi Ratnawati, Nora Yuniar Setyaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.