Strategi Membangun Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Psikologi Kognitif

Authors

  • Wilda Sujatmika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Vivi Ratnawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

learing motivation strategi, learing outcomes

Abstract

ABSTRAK

Motivasi belajar merupakan suatu kondisi yang menimbulkan suatu hal perilaku dari diri sendiri untuk mendorong individu melakukan suatu aktivitas diri, memotivasi diri untuk mencapai keinginan dari dalam diri terhadap suatu tujuan pada proses belajar mengajar disekolah. Pada penelitian guna tujuan untuk mengetahui motivasi individu, memahami dan menganalisis motivasi pada proses pembelajaran melalui pendekatan psikologi kognitif serta meningkatkan motivasi dari dalam diri menuju proses pembelajaran dikelas. Motivasi belajar siswa yang kurang menguasai diri untuk memotivasi diri sendiri yang tercermin dari indikator yang meliputi kegiatan belajar, kemampuan, inspirasi, ketabahan, pengorbanan dan hasil yang dicapai. Motivasi yang harus dimiliki adalah motivasi intrinsik yang berasal dari minat setiap individu yang lain, motivasi ekstrinsik yang berasal pemberian hadiah, pemberian nilai ataupun sejenisnya. Hal yang harus dilakukan untuk mendukung motivasi siswa adalah memberikan pujian, semangat, nilai, poin tambahan atau hadiah kepada siswa yang sudah berhasil menjawab pertanyaan sulit ataupun menjadi juara peringkat dikelas.

ABSTRAK

Motivasi belajar merupakan suatu kondisi yang menimbulkan suatu hal perilaku dari diri sendiri untuk mendorong individu melakukan suatu aktivitas diri, memotivasi diri untuk mencapai keinginan dari dalam diri terhadap suatu tujuan pada proses belajar mengajar disekolah. Pada penelitian guna tujuan untuk mengetahui motivasi individu, memahami dan menganalisis motivasi pada proses pembelajaran melalui pendekatan psikologi kognitif serta meningkatkan motivasi dari dalam diri menuju proses pembelajaran dikelas. Motivasi belajar siswa yang kurang menguasai diri untuk memotivasi diri sendiri yang tercermin dari indikator yang meliputi kegiatan belajar, kemampuan, inspirasi, ketabahan, pengorbanan dan hasil yang dicapai. Motivasi yang harus dimiliki adalah motivasi intrinsik yang berasal dari minat setiap individu yang lain, motivasi ekstrinsik yang berasal pemberian hadiah, pemberian nilai ataupun sejenisnya. Hal yang harus dilakukan untuk mendukung motivasi siswa adalah memberikan pujian, semangat, nilai, poin tambahan atau hadiah kepada siswa yang sudah berhasil menjawab pertanyaan sulit ataupun menjadi juara peringkat dikelas.

References

Brophy, J. (2013). Motivating students to learn. Routledge.

Djamarah, Syaiful, Bahri. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 13 Juli 2023. https://kbbi.web.id/motivasibelajar/

Roestiyah. 2018. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Depok : Rajawalil Pers

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Susanti. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2019.

Uno, H.B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.

Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 99-114.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Sujatmika, W. ., & Ratnawati, V. . (2023). Strategi Membangun Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Psikologi Kognitif. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 622–630. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3695

Issue

Section

Articles