Strategi Membangun Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Psikologi Kognitif
Keywords:
learing motivation strategi, learing outcomesAbstract
ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan suatu kondisi yang menimbulkan suatu hal perilaku dari diri sendiri untuk mendorong individu melakukan suatu aktivitas diri, memotivasi diri untuk mencapai keinginan dari dalam diri terhadap suatu tujuan pada proses belajar mengajar disekolah. Pada penelitian guna tujuan untuk mengetahui motivasi individu, memahami dan menganalisis motivasi pada proses pembelajaran melalui pendekatan psikologi kognitif serta meningkatkan motivasi dari dalam diri menuju proses pembelajaran dikelas. Motivasi belajar siswa yang kurang menguasai diri untuk memotivasi diri sendiri yang tercermin dari indikator yang meliputi kegiatan belajar, kemampuan, inspirasi, ketabahan, pengorbanan dan hasil yang dicapai. Motivasi yang harus dimiliki adalah motivasi intrinsik yang berasal dari minat setiap individu yang lain, motivasi ekstrinsik yang berasal pemberian hadiah, pemberian nilai ataupun sejenisnya. Hal yang harus dilakukan untuk mendukung motivasi siswa adalah memberikan pujian, semangat, nilai, poin tambahan atau hadiah kepada siswa yang sudah berhasil menjawab pertanyaan sulit ataupun menjadi juara peringkat dikelas.
ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan suatu kondisi yang menimbulkan suatu hal perilaku dari diri sendiri untuk mendorong individu melakukan suatu aktivitas diri, memotivasi diri untuk mencapai keinginan dari dalam diri terhadap suatu tujuan pada proses belajar mengajar disekolah. Pada penelitian guna tujuan untuk mengetahui motivasi individu, memahami dan menganalisis motivasi pada proses pembelajaran melalui pendekatan psikologi kognitif serta meningkatkan motivasi dari dalam diri menuju proses pembelajaran dikelas. Motivasi belajar siswa yang kurang menguasai diri untuk memotivasi diri sendiri yang tercermin dari indikator yang meliputi kegiatan belajar, kemampuan, inspirasi, ketabahan, pengorbanan dan hasil yang dicapai. Motivasi yang harus dimiliki adalah motivasi intrinsik yang berasal dari minat setiap individu yang lain, motivasi ekstrinsik yang berasal pemberian hadiah, pemberian nilai ataupun sejenisnya. Hal yang harus dilakukan untuk mendukung motivasi siswa adalah memberikan pujian, semangat, nilai, poin tambahan atau hadiah kepada siswa yang sudah berhasil menjawab pertanyaan sulit ataupun menjadi juara peringkat dikelas.
References
Brophy, J. (2013). Motivating students to learn. Routledge.
Djamarah, Syaiful, Bahri. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 13 Juli 2023. https://kbbi.web.id/motivasibelajar/
Roestiyah. 2018. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A.M. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Depok : Rajawalil Pers
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Susanti. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2019.
Uno, H.B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.
Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 99-114.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wilda Sujatmika, Settings Vivi Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.