Strategi Mengelola Penggunaan Tiktok Agar Tidak Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa
Keywords:
use, tiktok, learning concentrationAbstract
ABSTRAK
Seperti di era digital ini banyak platform yang bermunculan dan media sosial sangat berperan penting di kehidupan sehari-hari sehingga banyak yang menggunakannnya untuk mengisi waktu luangnya atau mencari informasi melalui platform tersebut, kategori media sosial yang popular dan sering di gunakan ialah Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, WhatsApp, TikTok dll. TikTok sekarang menjadi platform yang sangat di gemari oleh semua kalangan karena penggunaannya yang sangat mudah dan banyak video yang unik, lucu dan menginspirasi, semua kalangan pun berbondong-bondong mengunduh aplikasi ini. Dampak negatife dari penggunaan TikTok yang berlebihan salah satunya menyebabkan para pelajar akan kehilangan konsentrasi belajar mereka, mereka akan merasa bosan jika berlama-lama dalam menyelesaikan tugas atau pelajarannyadan mereka cepat-cepat ingin segera bermain aplikasi TikTok untuk mengurangi rasa bosannya. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan aplikasi TikTok terhadap daya konsentrasi belajar siswa maka dari itu strategi mengelola penggunaan TikTok sangatlah penting di terapkan pada siswa agar bisa meminimalisir dampak aplikasi TikTok tersebut.
ABSTRACT
As in this digital era, many platforms have sprung up and social media plays an important role in everyday life so that many use it to fill their free time or find information through these platforms, the most popular and often used categories of social media are Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, WhatsApp anD TikTok etc. TikTok is now a platform that is very popular with all people because of its very easy use and lost of videos that are unique, funny and inspiring, all people flock to download this application. The negative impact of excessive use of TikTok and one of them is causing students to lose their concentration in learning. They will fell bored if they take too long to complete their assignments or leassons and they quickly want to immediately play the TikTok application to reduce their boredom. The purpose of this writing is to find out how much impact the use of the TikTok application has on the concentration of students' learning, therefore the strategy for managing the use of TikTok is very important to apply to students so they can minimize the impact of the TikTok application.
References
Aji, Wisnu Nugroho. 2018. Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 432- 437.
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. B.Uno, H. (2015). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar Siswa MA Miftahul Ishlah Tembelok. ISLAMIKA, 4(3), 421-432.
https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1977
Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1-10.
http://eprints.binadarma.ac.id/10993/
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas layanan penguasaan konten untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
http://repository.unp.ac.id/11244/
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komu- nikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.
http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1028
Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.
https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/313/86
Wahyuningsih BY, Sugianto R, Wardiningsih R. Pelatihan Aktivitas Brain Gym Untuk Peningkatan Konsentrasi Mahasiswa Stmik Mataram. Ed J Edukasi dan Sains [Internet]. 2019;1(1):155–62. Available from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Settings Helen Aubryla, Settings Vivi Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.