Pentingnya Penggunaan Teknik Videoedukasi Untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK

Authors

  • Awang Priambodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nora Yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

motivasi belajar, videoedukasi

Abstract

Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku baik yang dapat diamati maupun yang tidak dapat diamati, Motivasi belajar adalah sesuatu yang mendorong, menggerakan dan mengarahkan siswa dalam belajar, dengan adanya motivasi belajar yang bagus siswa dapat dengan mudah mencapai tujuan belajarnya, melihat sekarang kecanggihan teknologi semakin maju media pembelajaran dapat dilakukan dengan Teknik Videoedukasi. Video edukasi merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat efektif untuk membuat sebuah motivasi, khususnya dalam sebuah pembelajaran. Dalam masa seperti ini video lebih digemari karena semua siswa mempunyai media yang bernama smartphone. Bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat Teknik videoedukasi bila diaplikasikan untuk membangun sebuah motivasi belajar siswa SMK.  videoedukasi dapat dimanfaatkan dalam bentuk sebuah karya agar layanan BK tidak hanya mendengarkan sebuah teori namun juga melihat dan berimajinasi. Karya tersebut dapat masuk menjadi salah satu bagian dari media Bimbingan dan Konseling yang digunakan dalam strategi layanan BK, misalnya bimbingan kelompok.

References

Listiyanto,T. (2015).“Pengaruh Pemanfaatan Video Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI/IPS SMA Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2014/2015.” Skripsi Jurusan Pendidikan sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Karimah,S,M. (2018).”Bimbingan dan konseling Islam dengan teori behaviour melalui media video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winafi’ah Surabaya.” Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rahmatullah, M. (2011), “Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar.” UPI Bandung.

Kusumadani, Widya Ari. “(2016), Keefektifan Layanan Informasi menggunakan Video Motivasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang .” Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Astini, N. K. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19.” STKIP Agama Hindu Amlapura.

Suprihatin, S. (2015).”Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa”. Vol.3.No.1 (2015) 73-82. Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Priambodo, A., & Setyaputri, N. Y. (2021). Pentingnya Penggunaan Teknik Videoedukasi Untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 895–901. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3694

Issue

Section

Articles