Aplikasi Terapi Musik JJ TikTok: Inovasi Membangun Percaya Diri Gen Z di SMPN 1 Semen Kediri

Authors

  • Aina Lailiqa Biqaqi Suwoto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endah Tri Wijayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Natasya Ameliana Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andini Fahiza Zahrohmah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Berlinia Putri Dwi A Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/brnw4m57

Keywords:

Terapi musik, JJ TikTok, Percaya Diri, Kreativitas, Generasi Z

Abstract

Generasi Z, yang sangat akrab dengan teknologi digital dan media sosial seperti TikTok, sering dihadapkan pada tantangan terkait rasa percaya diri, ekspresi diri, dan kreativitas dalam interaksi sosial di dunia nyata. Proposal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini mengusulkan "Aplikasi Terapi Musik dengan JJ TikTok" sebagai intervensi inovatif untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa SMPN 1 Semen Kediri. Terapi musik merupakan intervensi psikososial non-farmakologis yang terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi kecemasan, serta memperkuat rasa percaya diri dan kreativitas individu. Ketika dikombinasikan dengan joget-joget (JJ) TikTok, yang merupakan aktivitas menari ringan populer di kalangan Gen Z, pendekatan ini menjadi lebih efektif, interaktif, dan dekat dengan dunia remaja. Program ini bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa, sekaligus meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap

kepercayaan diri remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi.

Azman, M. A. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap

kreativitas mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau angkatan

2021 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sultan

Syarif Kasim Riau.

Harahap, R. N. (2023). Hubungan media sosial TikTok dengan kepercayaan

diri siswa SMP Negeri 2 Bukittinggi (Skripsi tidak diterbitkan). UIN

Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022, Februari 1). Terapi

Musik - Direktorat Jenderal Kesehatan Lanjutan. Diakses pada 4 Juni

2025, dari https://www.kemkes.go.id/

Raja, R. S. U., Wahyuningtyas, T., & Widyawati, I. W. (2023). Pengaruh

TikTok terhadap kreativitas siswa kelas VIII pada mata pelajaran

Seni Budaya di SMP Negeri 16 Malang. JoLLA: Journal of Language,

Literature, and Arts.

Rizkiani, F., & Tamburian, H. H. D. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi

TikTok terhadap kreativitas murid SMA Yuppentek 1 Tangerang di

masa pandemi. Kiwari: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Sari, R. P. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap

kreativitas siswa SMA Muhammadiyah KP PON. Jurnal Didaktik.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Aplikasi Terapi Musik JJ TikTok: Inovasi Membangun Percaya Diri Gen Z di SMPN 1 Semen Kediri. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1538-1543. https://doi.org/10.29407/brnw4m57

Similar Articles

1-10 of 243

You may also start an advanced similarity search for this article.