Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Sekolah Dasar Melalui Terapi Diversional Kolase Biji-bijian
DOI:
https://doi.org/10.29407/nb5twv08Keywords:
motorik halus, anak sekolah dasar, terapi diversional, kolase biji-bijianAbstract
Perkembangan motorik halus merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia sekolah dasar, yang memengaruhi kesiapan akademik, keterampilan sosial, dan rasa percaya diri anak. Sayangnya, tidak semua anak mendapatkan stimulasi yang optimal untuk perkembangan motoriknya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak melalui terapi diversional dengan media kolase biji-bijian, yang bersifat sederhana, menyenangkan, dan mudah diterapkan di lingkungan sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik kolase, serta evaluasi. Kegiatan dilakukan di SDN 2 Mojoroto dengan melibatkan siswa kelas rendah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan koordinasi tangan-mata, konsentrasi, dan kreativitas siswa dalam menyusun kolase. Dengan demikian, terapi diversional kolase biji-bijian terbukti menjadi alternatif efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik anak, serta dapat direkomendasikan sebagai bagian dari metode pembelajaran kreatif dan edukatif di sekolah dasar.
References
Dewi, M. A., & Lestari, Y. (2022). Terapi Bermain sebagai Upaya Stimulasi Motorik Halus Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6(1), 35–42.
Fitriani, R., & Sari, N. P. (2021). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Biji-Bijian. Jurnal PAUD Terpadu
(JPT), 4(2), 55–61.
Kusumawati, R. (2020). Pengaruh Terapi Diversional Kolase Biji-Bijian terhadap Kemampuan Sosial Anak SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1-9.
Rahmawati, N., & Setyaningsih, E. (2021). Pengaruh aktivitas kolase terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Jurnal PAUD
Teratai, 10(1), 27–33.
Santrock, J. W. (2011). Child Development (13th ed.). McGraw-Hill. (Buku ini banyak dirujuk dalam jurnal perkembangan anak), E. B. (2003). Child Development. McGraw-Hill.
Septiani, L., & Nurhaeni, N. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1012–
1020.://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.446
Sari, R. P. (2020). Pengaruh Terapi Diversional Kolase Biji-Bijian terhadap Kemampuan Motorik Anak SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 123-132.
Utami, D. (2019). Perkembangan Anak Usia Sekolah dan Implikasinya. Jurnal Ilmu Keperawatan, 7(1), 20–28.
Widyastuti, R. (2019). Terapi Diversional sebagai Alternatif Pengobatan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik pada Anak. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 7(1), 1-10.
Yuliana, R. (2018). Terapi Diversional: Sebuah Pendekatan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik pada Anak. Jurnal Kesehatan
Masyarakat, 6(1), 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilham eka Setiawan, Norma Risnasari, Asmaul Khoimmah, Najwa Shaninnabila, Febri Fiani, Rahma Aulia Asmaul Husna, Dwi Nur Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
