Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Sekolah Dasar Melalui Terapi Diversional Kolase Biji-bijian

Authors

  • Ilham eka Setiawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Norma Risnasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Asmaul Khoimmah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Najwa Shaninnabila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Febri Fiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rahma Aulia Asmaul Husna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Nur Azizah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/nb5twv08

Keywords:

motorik halus, anak sekolah dasar, terapi diversional, kolase biji-bijian

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia sekolah dasar, yang memengaruhi kesiapan akademik, keterampilan sosial, dan rasa percaya diri anak. Sayangnya, tidak semua anak mendapatkan stimulasi yang optimal untuk perkembangan motoriknya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak melalui terapi diversional dengan media kolase biji-bijian, yang bersifat sederhana, menyenangkan, dan mudah diterapkan di lingkungan sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik kolase, serta evaluasi. Kegiatan dilakukan di SDN 2 Mojoroto dengan melibatkan siswa kelas rendah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan koordinasi tangan-mata, konsentrasi, dan kreativitas siswa dalam menyusun kolase. Dengan demikian, terapi diversional kolase biji-bijian terbukti menjadi alternatif efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik anak, serta dapat direkomendasikan sebagai bagian dari metode pembelajaran kreatif dan edukatif di sekolah dasar.

References

Dewi, M. A., & Lestari, Y. (2022). Terapi Bermain sebagai Upaya Stimulasi Motorik Halus Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6(1), 35–42.

Fitriani, R., & Sari, N. P. (2021). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase Biji-Bijian. Jurnal PAUD Terpadu

(JPT), 4(2), 55–61.

Kusumawati, R. (2020). Pengaruh Terapi Diversional Kolase Biji-Bijian terhadap Kemampuan Sosial Anak SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1-9.

Rahmawati, N., & Setyaningsih, E. (2021). Pengaruh aktivitas kolase terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Jurnal PAUD

Teratai, 10(1), 27–33.

Santrock, J. W. (2011). Child Development (13th ed.). McGraw-Hill. (Buku ini banyak dirujuk dalam jurnal perkembangan anak), E. B. (2003). Child Development. McGraw-Hill.

Septiani, L., & Nurhaeni, N. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1012–

1020.://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.446

Sari, R. P. (2020). Pengaruh Terapi Diversional Kolase Biji-Bijian terhadap Kemampuan Motorik Anak SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 123-132.

Utami, D. (2019). Perkembangan Anak Usia Sekolah dan Implikasinya. Jurnal Ilmu Keperawatan, 7(1), 20–28.

Widyastuti, R. (2019). Terapi Diversional sebagai Alternatif Pengobatan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik pada Anak. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 7(1), 1-10.

Yuliana, R. (2018). Terapi Diversional: Sebuah Pendekatan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik pada Anak. Jurnal Kesehatan

Masyarakat, 6(1), 1-8.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Sekolah Dasar Melalui Terapi Diversional Kolase Biji-bijian. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1868-1874. https://doi.org/10.29407/nb5twv08

Similar Articles

1-10 of 229

You may also start an advanced similarity search for this article.