Permainan Bowling Botol Mini Untuk Motorik Halus Anak Di TK Kartini Krajan

Authors

  • Aulia Mahdalena Universitas PGRI Madiun
  • Annisa Ariningtyas Universitas PGRI Madiun
  • Rike Wahyu Kartika Sari Universitas PGRI Madiun
  • Liestin Sesarpebriana Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Sufiati Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Bermain, bowling botol mini, motorik halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perkembangan motorik halus anak pada kegiatan bermain bowling botol mini di TK Kartini Krajan. Permainan bowling botol mini adalah permainan yang terinspirasi dari permainan bowling yang diperbarui sehingga cocok digunakan untuk kegiatan belajar di rumah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskirptif kuantitatif. Observasi dilakukan pada anak kelompok B di TK Kartini Krajan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan secara langsung ketika pembelajaran, wawancara kepada guru, dan studi dokumen yang dari penilaian guru kelas B TK Kartini. Indikator yang terdapat pada permainan bowling botol mini yaitu indikator menata pion sesuai formasi baris segitiga, indikator meletakkan bola diatas lingkaran start, indikator menyentil bola kearah pion dengan menggunakan 4 jari, indikator mengambil pion yang jatuh. Hasil penelitian kemampuan motorik halus dalam permainan bowling botol mini ini 62,5%  kategori baik, dan 37,5% kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak masih harus mendapatkan stimulasi motorik halus.

References

Kurnialita, Eka. 2013. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bowling Pada Siswa Kelompok A1 Tk An-Nur Ii Stan Maguwoharjo Depok. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyuni, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Tahun Di Tk. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fkip Untan. Pontianak.

Hadi, A. S. 2001. Daur Ulang Barang Bekas Sebagai Penopang Sumber Kehidupan. Jurnal Penelitian.

Syafril, S. 2018. Four Ways Of Fine Motor Skills Development In Early Childhood. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Alawiyah, N. Dan Attamim, N. 2020. The Development Of Fine Motor And Visual Motor Skills Of Children 4-5 Years Old To Get Ready Write. Jecies: Journal Of Early Childhood Islamic Education Study. Doi: 10.33853/Jecies.V1i1.52.

Fitriani, R. Dan Adawiyah, R. 2018. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Doi: 10.29408/Goldenage.V2i01.742.

Maghfirah, S. 2019. Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal Of Islamic Early Childhood Education. Doi: 10.32505/Atfaluna.V2i1.938.

Paramita, M.V.A Dan Sufiati, Vivi. 2020. Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(2), 443-450.

Sari, D. A. Et Al. 2020. Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Doi: 10.31004/Obsesi.V5i1.584.

Satrianingrum, Setiawati, Dan Fauziah. 2021. Pembelajaran Jarak Jauh Pada Paud : Studi Literatur Berbagai Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34-41.

Tabi’in, A. 2020. Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4, Pp. 190–200.

Mcphillips, M. Dan Jordan-Black, J. A. 2007. The Effect Of Social Disadvantage On Motor Development In Young Children: A Comparative Study. Journal Of Child Psychology And Psychiatry And Allied Disciplines. Doi: 10.1111/J.1469-7610.2007.01814.X.

Robinson, L. E. 2011. Effect Of A Mastery Climate Motor Program On Object Control Skills And Perceived Physical Competence In Preschoolers. Research Quarterly For Exercise And Sport. Doi: 10.1080/02701367.2011.10599764.

Robinson, L. E. Dan Goodway, J. D. 2009. Instructional Climates In Preschool Children Who Are At-Risk. Part I: Object-Control Skill Development. Research Quarterly For Exercise And Sport. Doi: 10.1080/02701367.2009.10599591.

Brown, C. G. 2010. Improving Fine Motor Skills In Young Children: An Intervention Study. Educational Psychology In Practice. Doi: 10.1080/02667363.2010.495213.

Cameron, C. E. Et Al. 2012. Fine Motor Skills And Executive Function Both Contribute To Kindergarten Achievement. Child Development. Doi: 10.1111/J.1467-8624.2012.01768.X.

Duncan, G. J. Et Al. 2007. School Readiness And Later Achievement. Developmental Psychology. Doi: 10.1037/0012-1649.43.6.1428.

Grissmer, D. Et Al. 2010. Fine Motor Skills And Early Comprehension Of The World: Two New School Readiness Indicators. Developmental Psychology. Doi: 10.1037/A0020104.

Hurter Z. Dan Pienaar E. 2007. Fisieke Aktiwiteitsvlakke En Patrone Van Dertien-Tot Vyftienjarige Seuns In Die Noordwes-Provinse: Thusa-Bana-Studie. 29(2), Pp. 41–57.

L.E., D., J., R. Dan D.D., W. 2010. The Effects Of Physical Play Instructional Climates On Physical Activity In Preschool-Age Children. Science And Sports.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Dian Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Rahmani, Mikanda. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta : Dunia Cerdas.

Jamaris, M. 2006. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pt. Grasindo.

John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: Pt. Erlangga.

Kayvan, U. 2009. 57 Permainan Kreatif Untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta : Mediakita.

Mayke S. Tedja Saputra. 2001. Bermain, Main, Dan Permainan. Jakarta: Pt. Grasindo.

Permadi, A. G. 2011. Menyulap Sampah Jadi Rupiah. Surabaya: Mumtaz Media.

Robbins, S. P. Dan T A. J. 2009. Organizational Behavior. 13 Three E. Usa: Pearson International Edition.

Seefeldt, Carol Dan Wasik, B. A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini (Pius Nasar). Jakarta: Indeks.

Sunardi Dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirrektorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Pt. Indeks.

Mahdalena, Aulia. "#Dirumahsaja Untuk Anak Indonesia Pg Paud Unipma Bermain Bowling Botol". Youtube. Diunggah Oleh Aulia Mahdalena.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Mahdalena, A. ., Ariningtyas, A. ., Sari, R. W. K. ., Sesarpebriana, L. ., & Sufiati, V. . (2021). Permainan Bowling Botol Mini Untuk Motorik Halus Anak Di TK Kartini Krajan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 137–148. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1440

Issue

Section

Articles