Strategi Eksplorasi Gerak Tari Anak Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional
Keywords:
Eksplorasi gerak tari anak, permainan tradisionalAbstract
Anak pada fase Sekolah Dasar merupakan fase perkembangan anak yang cukup signifikan. Guru sebagai penggerak pendidikan harus menjadi fasilitator agar perkembangan anak dapat sepenuhnya tepenuhi, sehingga guru wajib mengadakan inovasi-inovasi dalam pembelajarannya. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan mengembangkan kepibadian individu anak adalah pembelajaran seni tari. Persoalan yang sering ditemui saat ini pembelajaran seni tari lebih pada pemberian materi yang sudah ada daripada guru menciptakan karya tari baru dan mengajak siswa berproses kreatif.Tujuan dari guru mengajak siswa berproses kreatif adalah siswa dapat mengolah kreativitasnya (gerak dan ekspresi) sesuai dengan arahan guru. Sesuai dengan teori penciptaan tari terdapat beberapa tahapan dalam menciptakan karya tari yang salah satunya adalah eksplorasi. Dalam proses ekplorasi anak dapat andil menuangkan kreativitas geraknya sesuai dengan arahan yang diberikan oleh guru. Sebelum melangkah pada tahap ekplorasi guru menentukan ide atau konsep karya terlebih dahulu untuk menjadi pijakan dalam proses penciptaan. Konsep tari harus sesuai dengan dunia anak salah satunya adalah bermain. Dengan konsep permainan dapat dijadikan sumber pijakan dalam penciptaan karya tari anak. Melihat selera anak saat ini yang lebih gemar bermain gadget daripada bermain permainan tradisional, maka dengan adanya persoalan yang muncul saat ini penulis memilih untuk menjadikan permainan tradisonal sebagai sumber pijakan dalam penciptaan karya tari anak. Hal tersebut dikarenakan permainan tradisional selain sebagai aset kekayaan bangsa Indonesia juga memuat pembelajaran karakter (mendidik anak dalam bermasyarakat).
References
Ardini, Pupung & Anik Lestaringrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak. Nganjuk: Adji Media Nusantara
Hadi, Sumandiyo. Y. 2011. Koreografi, Bentuk-Tehnik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media
Khaulani, Fatma. dkk. 2019. Fase dan Tugas Pengembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7:51-59
Proses Penciptaan Karya Tari “Addiction”. 2020. (online). (http://eprints.unm.ac.id/19182/), Accesed on july 27th 2021
Model Pembelajaran Tari Pendidikan Pada Siswa SD/MI Semarang. (https://media.neliti.com/media/publications/55899-ID-none.pdf), Accesed on July 27th 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wahyudi , Ayu Titis Rukmana Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.