Strategi Eksplorasi Gerak Tari Anak Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional

Authors

  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ayu Titis Rukmana Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Eksplorasi gerak tari anak, permainan tradisional

Abstract

Anak pada fase Sekolah Dasar merupakan fase perkembangan anak yang cukup signifikan. Guru sebagai penggerak pendidikan harus menjadi fasilitator agar perkembangan anak dapat sepenuhnya tepenuhi, sehingga guru wajib mengadakan inovasi-inovasi dalam pembelajarannya. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan mengembangkan kepibadian individu anak adalah pembelajaran seni tari. Persoalan yang sering ditemui saat ini pembelajaran seni tari lebih pada pemberian materi yang sudah ada daripada guru menciptakan karya tari baru dan mengajak siswa berproses kreatif.Tujuan dari guru mengajak siswa berproses kreatif adalah siswa dapat mengolah kreativitasnya (gerak dan ekspresi) sesuai dengan arahan guru. Sesuai dengan teori penciptaan tari terdapat beberapa tahapan dalam menciptakan karya tari yang salah satunya adalah eksplorasi. Dalam proses ekplorasi anak dapat andil menuangkan kreativitas geraknya sesuai dengan arahan yang diberikan oleh guru. Sebelum melangkah pada tahap ekplorasi guru menentukan ide atau konsep karya terlebih dahulu untuk menjadi pijakan dalam proses penciptaan. Konsep tari harus sesuai dengan dunia anak salah satunya adalah bermain. Dengan konsep permainan dapat dijadikan sumber pijakan dalam penciptaan karya tari anak. Melihat selera anak saat ini yang lebih gemar bermain gadget daripada bermain permainan tradisional, maka dengan adanya persoalan yang muncul saat ini penulis memilih untuk menjadikan permainan tradisonal sebagai sumber pijakan dalam penciptaan karya tari anak. Hal tersebut dikarenakan permainan tradisional selain sebagai aset kekayaan bangsa Indonesia juga memuat pembelajaran karakter (mendidik anak dalam bermasyarakat).

References

Ardini, Pupung & Anik Lestaringrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak. Nganjuk: Adji Media Nusantara

Hadi, Sumandiyo. Y. 2011. Koreografi, Bentuk-Tehnik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media

Khaulani, Fatma. dkk. 2019. Fase dan Tugas Pengembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7:51-59

Proses Penciptaan Karya Tari “Addiction”. 2020. (online). (http://eprints.unm.ac.id/19182/), Accesed on july 27th 2021

Model Pembelajaran Tari Pendidikan Pada Siswa SD/MI Semarang. (https://media.neliti.com/media/publications/55899-ID-none.pdf), Accesed on July 27th 2021

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Wahyudi, W., & Sari, A. T. R. . (2021). Strategi Eksplorasi Gerak Tari Anak Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 327–332. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1541

Issue

Section

Articles