Manfaat Permainan Tradisional Untuk Peningkatan Tumbuh Kembang Anak

Authors

  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Cahyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Keywords:

Permainan Tradisional, Pertumbuhan, Perkembangan, Anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta di lapangan mengenai permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam kehidupan masyarakat.  Padahal, permainan tradisional memiliki banyak manfaat untuk perkembangan tubuh, khususnya pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permainan tradisional dari berbagai sisi, antara lain manfaat permainan tradisional untuk peningkatan tumbuh kembang anak. Serta sosialisasi permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan yakni metode studi kasus atau case study. Intrumen yang dipergunakan adalah peneliti dengan menggunakan pedoman wawancara, obeservasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat membantu proses identifikasi permainan tradisional serta manfaat yang dihasilkan dari permainan tradisional tersebut untuk meningkatkan tumbuh kembang pada anak.

References

Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhlisian, A. A. 2013. Analisis Kesalahan Terjemahan Bahasa Jepang Yang Terdapat Dalam Karya Ilmiah Mahasiswa S2. Unpublished Dissertation. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. 2021. Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Jurnal Sosial Budaya, 18(1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/11787

Rombot, O. (2017). Penerapan permainan tradisional untuk mengembangkan keterampilan sosial dan motorik kasar anak usia 4-5 tahun : penelitian tindakan kelas TK B HHK Gem. Unpublished Dissertation. Tangerang: Universitas Pelita Harapan.

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak Tradisional Games in Improving Children ’ S Basic Abilities. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.

Saputra, S. Y. 2017. Permainan Tradisional vs Permainan Modern dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. ESEJ (Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/873

Setiawan, A. 2013. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 1, No 4.

Tedjasaputra, M. 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Penerbit Grasind.

Utami, A. 2014. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Penumpang K.A Kaligung Mas di Stasiun Poncol Semarang). Jurnal Undip. Vol.1 No. 2.

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Jurnal Paradigma, 02, 1–5.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Muslihin, H. Y. ., Respati, R. ., & Cahyana, C. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Untuk Peningkatan Tumbuh Kembang Anak. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 82–88. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1406

Issue

Section

Articles