Penguatan Karakter Dalam Fun Learning Based On Adventure And Experiment Games SDN Banjarejo 2

Authors

  • Widiya Retno Wahyuni Universitas PGRI Madiun

Keywords:

fun learning based on adventure and experiment games, petualangan sederhana, permainan tradisional

Abstract

Kurangnya minat belajar, serta perhatian orang tua terhadap perkembangan belajar anak. Mengakibatkan menurunnya hasil akademik, pembelajaran jarak jauh selama ini. Hal itulah yang melatarbelakangi penelitian ini, dengan tujuan: memupuk kembali perhatian orang tua terhadap pembelajaran anaknya, dengan melakukan petualangan sederhana di sekitar rumah, bersama dengan orang tua. Serta perlahan mengurangi kebiasaan kecanduan gadget pada anak, dengan mengalihkannya ke media pembelajaran dolanan, atau permainan tradisional seperti ular berjalan, gundu dan sebagainya. Jenis penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian deskriptif analitik, serta menggunakan pendekatan eksperimental. Pengumpulan data yang dipakai yaitu melalui obsevasi, wawancara, serta tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar pada siswa melalui kegiatan fun learning based on adventure and experiment games yang dilaksanakan dirumah masing masing siswa. Efektifitas kegiatan fun learning based on adventure and experiment games menunjukan kemajuan dengan semakin aktifnya siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dari rumah, melalui sistem daring.

References

Andriana, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya Vol. 9, 126.

Aunurrahman. (2019). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Negri, M. D. (2021, Agustus 24). INSTRUKSI MENTERI DALAM NEGERI. Retrieved from Covid19.go.id: https://covid19.go.id/p/regulasi/instruksi-menteri-dalam-negeri-nomor-35-tahun-2021

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarsana, I. K. (2016). MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN ALAM TERBUKA. Seminar nasional 3 mei (p. 162). Denpasar: JayapangusPress diakses pada http://jayapanguspress.org.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Wahyuni, W. R. . (2021). Penguatan Karakter Dalam Fun Learning Based On Adventure And Experiment Games SDN Banjarejo 2. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 493–498. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1592

Issue

Section

Articles