Studi Kasus Pembuatan Game Edukasi Sains Belajar.MU Berbasis Metaverse Menggunakan Aplikasi Roblox Studio

Authors

  • Dyah Utami Ningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tutut Indah Sulistiyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agus Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tri Novia PT. Cipta Konsultan Internasional
  • Olyvia Ayumarita Maharani Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Keywords:

educational games, metaverse, education, roblox studio

Abstract

ABSTRAK

Metaverse adalah inovasi teknologi internet web 3.0 yang direpresentasikan dengan teknologi virtual tiga dimensi. Salah satu alat pengembang ruang virtual yang paling banyak digunakan adalah aplikasi Roblox Studio. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pengembang proessional maupun pengembang pemula untuk mengembangkan game 3D karena lebih sederhana dan mudah dipahami. Termasuk dalam gaming untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di Society Era 5.0 atau Revolusi Industri 4.0. Telah dikembangkan game edukatif dengan judul belajar.Mu. penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi Roblox Studio dalam mengembangkan sebuah ide game edukatif berbasis studi kasus belajar.Mu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data tentang karakteristik Roblox Studio dan karakteristik kajian sains dikumpulkan dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) yang didukung dengan studi literatur. Penelitian ini mengungkapkan peranan dari fitur aplikasi Roblox Studio dalam membantu memvisualisasikan objek pada game edukasi sains belajar.Mu. Peranan dan potensi pada aplikasi Roblox Studio diharapkan dapat menjadikan aplikasi ini menjadi salah satu wadah untuk menunjang perkembangan teknologi terutama metaverse.

ABSTRACT

Metaverse is a web 3.0 internet technology innovation represented with three-dimensional virtual technology. One of the most widely used virtual space development tools is the Roblox Studio application. This application is widely used by proessional developers and novice developers to develop 3D games because it is simpler and easier to understand. Included in gaming to support the improvement of the quality of learning in Society Era 5.0 or Industrial Revolution 4.0. This research aims to explore the potential of Roblox Studio in developing an educational game idea based on the belajar.Mu case study. The method used in this research is a case study. Data on the characteristics of Roblox Studio and the characteristics of science studies were collected using the Focus Group Discussion (FGD) method supported by literature studies. This research reveals the role of the Roblox Studio application feature in helping visualize objects in the belajar.Mu science education game. The role and potential of the Roblox Studio application is expected to make this application one of the platforms to support technological developments, especially the metaverse.

 

References

Iswanto, Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 9(1), 44–52.

Mystakidis, S. (2022). Entry Metaverse. Encyclopedia, 2, 486–497. doi:https://doi.org/10.3390/encyclopedia2010031

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 106-118.

Pradana, A. G. (2019, October). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 49-53).

Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan game edukasi science adventure untuk meningkatkan keterampilanpemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91-100.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Utami Ningsih, D. ., Indah Sulistiyowati, T. ., Muji Santoso, A. ., Novia, T., & Ayumarita Maharani, O. . (2023). Studi Kasus Pembuatan Game Edukasi Sains Belajar.MU Berbasis Metaverse Menggunakan Aplikasi Roblox Studio. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 602–610. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3690

Issue

Section

Articles