Pendidikan Kewarganegaraan: Landasan Demokrasi yang Inklusif Melalui Pemberdayaan Warga Negara menuju Masyarakat yang Demokratis

Authors

  • Diana Rista Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Irawan Hadi Wiranata Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pancasila and Citizenship Education, Democracy, Citizenship, Kata Kunci: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Demokrasi, Warga Negara

Abstract

This article explores the role of citizenship education as a foundation for inclusive democratic development through citizen empowerment. In contemporary social and political dynamics, citizenship education has a crucial function in instilling democratic values, encouraging active participation, and increasing critical awareness among society. This article examines various approaches and strategies in citizenship education that are able to empower individuals to become responsible, tolerant citizens and actively contribute to the democratic process. Through a literature review and case study analysis, this article highlights the importance of a comprehensive and inclusive curriculum, as well as the role of teachers and educational institutions in creating a supportive learning environment. In conclusion, effective citizenship education can be a solid basis for building a more inclusive and sustainable democracy, by empowering every citizen to participate positively in the life of society and the state.

References

Astuti, M. D. (2021). Pengaruh Motivsi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 795-800).

Birawa, C. P. (2023). PENGARUH KETERLIBATAN SISWA DALAM ORGANISASI INTRA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR (SEBUAH STUDI DI SMA NEGERI 1 PATIANROWO). Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dermawan, D. D. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasa. Jurnal Elementaria Edukasia 6.4 , 1671-1579.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 1 Nomor 1 , 27-33.

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Konsepsi 8.3 , 116-119.

Nawry, N. a. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Identitas Nasional." Sinar Dunia:. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan 3.2, 246-254.

Nurlaela, E. e. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan bagi Mahasiswa Milenial. Amafrad Press .

NURSALIM. (2013). PKn SEBAGAI PENDIDIKAN NILAI-MORAL DAN TANTANGANNYA. Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. I).

Permatasari, A. I. (2023). MPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2022/2023. Diss. UIN Surakarta.

PRISTIANI, Y. D. (2020). HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN HAK ASASI MANUSIA DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI. Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Purba, A. A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MTs Swasta 27 Firdaus. Journal on Education 6.3, 17274-17280.

Sasmita, W. W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital untuk Menumbuhkan Budaya Akademik Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 19-32).

Suacana, I. (2015). Nilai-nilai dan Parameter Demokrasi dalam Kehidupan Masyarakat Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies) 5.1, 81-106.

Sutisna, A. (2017). eningkatan literasi politik pemilih pemula melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol. 1. No. 2.

Syarifah, F. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wawasan Demokrasi Warga Negara. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) e-ISSN: 2963-3176 Vol. 01 No. 02.

Toron, V. B. (2024). SOSIOLOGI PENDIDIKAN. CV. Ruang Tentor.

Ulfiyyati, A. R. (2023). Demokrasi: tinjauan terhadap konsep, tantangan, dan prospek masa depan. Advances In Social Humanities Research 1.4, 435-444.

Wiranata, I. H. (2022). Implementasi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia dalam Membangun Masyarakat yang Demokratis. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 41-46.

Wulandari, Y. a. (2024). Analisa Problematika Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Berdasarkan Lunturnya Semangat Nasionalisme Masyarakat Dusun Banjarmelati Desa Tunjung Kecamatan Udanawu. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran. Vol. 3. No. 1

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Rista, D., & Wiranata, I. H. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan: Landasan Demokrasi yang Inklusif Melalui Pemberdayaan Warga Negara menuju Masyarakat yang Demokratis. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 1216–1227. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5318

Issue

Section

Articles